EmitenNews.com - Kembangkan LNG supply chain infrastructure dan komersialisasi LNG di Berau, Kalimantan Timur, dan Sumenep, Jawa Timur, PT PGN Tbk, selaku Subholding Gas PT Pertamina (Persero), dan PT National Energy Solutions (NES) menjalin kerja sama.

 

Kerja sama tersebut dituangkan melalui penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Harry Budi Sidharta dan Direktur Utama NES Norman E Sebastian. 

 

Penekenan kerja sama yang berlangsung dalam rangkaian 4th IOG 2023 di Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis (21/9/2023) itu, disaksikan Direktur Utama PGN Arief Setiawan Handoko.

 

Kerja sama itu akan mengolaborasikan peran PGN sebagai perusahaan transmisi dan distribusi gas dan NES, yang bergerak di bidang infrastruktur gas baik compressed natural gas (CNG), liquified natural gas (LNG), dan energi secara umum, maupun usaha penunjang kelistrikan.

 

"PGN menggandeng NES sehubungan dengan NES memiliki rencana mengembangkan dua proyek bisnis midstream LNG terkait potensi pemanfaatan LNG hasil mini LNG liquefaction plant di Berau dan Sumenep," ujar Direktur Utama PGN Arief Setiawan Handoko.

 

Hal itu, juga sejalan dengan PGN dalam memperluas layanan gas bumi ke wilayah baru untuk menumbuhkan titik-titik ekonomi melalui pemanfaatan energi bersih.

 

"Dengan rencana ini, PGN dapat masuk untuk sekaligus mengembangkan komersialisasi gas bumi dengan skema beyond pipeline di kedua wilayah tersebut," sebut Arief Setiawan. ***