EmitenNews.com - Pemerintah mengembangkan kota layak huni di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kalimantan Timur. Otorita Ibukota Negara Nusantara, dan Kementerian Pembangunan Nasional Singapura menjalin kerja sama untuk mengembangkan kota layak huni di IKN Nusantara.

 

"Kerja sama dengan organisasi terkemuka seperti Center for Liveable Cities Singapura, akan mempercepat pencapaian tujuan ini, serta juga mewujudkan IKN sebagai kota untuk semua," Kepala Otorita IKN Nusantara, Bambang Susantono dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis (16/3/2023).

 

Otorita IKN bekerja sama dengan CLC Singapura, tentu dengan pertimbangan matang. Organisasi di bawah Kementerian Pembangunan Nasional Singapura itu, sudah  berpengalaman dalam membagikan pengetahuan tentang pembangunan kota-kota layak huni dan berkelanjutan di dunia.

 

Kerja sama strategis ini meliputi langkah-langkah untuk memperkuat kolaborasi berbagi pengetahuan dan pengembangan kapasitas oleh CLC dalam mewujudkan kota layak huni di IKN Nusantara. Nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) ini merupakan memorandum pertama antara Otorita IKN dengan kementerian negara lain (G-to-G). ***