EmitenNews.com—PT WIR Asia Tbk (WIRG) atau WIRG Group melakukan kerjasama dengan PT Jababeka Tbk (KIJA) melalui salah satu anak usahanya, PT Jababeka Morotai, terkait rencana pengembangan teknologi digital, terutama metaverse, di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai, Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.


Penandatanganan nota kesepahaman antara PT Jababeka Morotai dan PT WIR Asia Tbk tentang pengembangan teknologi metaverse dilakukan Basuri Tjahaja Purnama, Direktur Utama PT Jababeka Morotai, dan Setiawan Mardjuki Direktur PT Jababeka Morotai, dengan Gupta Sitorus, Chief Sales & Marketing Officer WIR Group di Jakarta, Senin (19/9).


Melalui kerjasama ini, kedua belah pihak akan mengembangkan implementasi teknologi digital yang diciptakan WIR Group sebagai "Metaverse Indonesia" dan layanan lainnya untuk mengembangkan potensi keindahan alam dan resort yang ada di KEK Morotai.


"MoU ini cukup penting, karena jika kerjasama ini bisa dilakukan dengan baik, akan menjadi terobosan untuk mempercepat digitalisasi di Pulau Morotai sekaligus sebagai persembahan kami bagi masyarakat Morotai agar bisa mengenal dunia metaverse dengan lebih dekat," ungkap Basuri.


PT Jababeka Morotai merupakan badan usaha pembangunan dan pengelola KEK Morotai yang bergerak di bidang pariwisata, industri, logistik dan pengolahan ekspor di Kabupaten Pulau Morotai. KEK Morotai memiliki keunggulan geostrategis, historis dan wisata bahari dengan keindahan pantai dan bawah laut yang mempesona.


Gupta Sitorus menerangkan bahwa pihaknya telah berbicara dengan PT Jababeka mengenai rencana kerjasama yang akan dilakukan ke depan. WIR Group dan PT Jababeka Morotai memiliki kesamaan visi yakni ingin mengembangkan digitalisasi industri khususnya dunia metaverse di masyarakat Morotai.


Gupta berharap semua yang dihasilkan dari kerja sama ini dapat menberikan kontribusi yang positif bagi Jababeka, baik dari sisi citra Jababeka sebagai sebuah perusahaan maupun dari sisi komersial.


"Kami berharap penandatanganan MoU ini akan menjadi titik awal dari kolaborasi WIR Group dan Jababeka untuk bersama-sama mengeksplorasi potensi pengembangan bisnis Jababeka dalam metaverse," ujar Gupta.