EmitenNews.com - Kasus varian Omicron terus melaju. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi melaporkan, hingga Rabu (26/1/2022), penderita virus Corona varian Omicron di Indonesia sebanyak 1.766 orang.


“Bertambah 140 kasus dari laporan sebelumnya yaitu 1.626 kasus pada 24 Januari lalu. Kasus Omicron yang dilaporkan sampai hari ini adalah 1.766 kasus," kata Siti Nadia Tarmizi, yang juga Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Rabu.


Sebanyak total 1.766 kasus Omicron itu, Siti Nadia Tarmizi merinci, 1.066 kasus positif Omicron terjadi pada pelaku perjalanan dari luar negeri (PPLN), 449 kasus transmisi lokal, serta 251 kasus masih diteliti sumber penularannya.


Pada total kasus Omicron tersebut, dua pasien di antaranya meninggal dunia. Kedua kasus tersebut merupakan pelaporan fatalitas pertama di Indonesia akibat varian baru yang memiliki daya tular tinggi.


Dari dua korban meninggal akibat infeksi varian baru virus Corona yang awalnya ditemukan di Afrika Selatan, November 2021 itu, satu kasus merupakan transmisi lokal. Ia dilaporkan meninggal dalam perawatan di RS Sari Asih Ciputat. Seorang lagi merupakan Pelaku Perjalanan Luar Negeri, meninggal di RSPI Sulianti Saroso.

 

Yang penting dicatat, kedua pasien Omicron tersebut diketahui memiliki komorbid. Jadi, keduanya tidak meninggal semata karena virus Corona varian baru itu. Tetapi, mereka memiliki penyakit penyerta, sehingga memperparah infeksi virus Corona yang dialami. ***