EmitenNews.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan 9,5-14,3 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada 2024. Naik sedikit dibandingkan dengan target tahun tahun ini yang sebesar 8,5 juta kunjungan.


"Jumlah wisatawan mancanegara tahun depan (2024) 9,5 juta sampai 14,3 juta kunjungan," kata Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, usai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) 2023 di Bandung, Selasa.


Sandi menjelaskan pada tahun ini jumlah kunjungan wisman telah mencapai 9,49 juta kunjungan yang artinya telah melampaui dari target 2023 sebanyak 8,5 juta kunjungan. Ke depan pemerintah akan mengusung konsep pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan (pariwisata hijau).


Dia mengatakan telah menjajaki kerjasama dengan berbagai maskapai penerbangan untuk menambah rute penerbangan internasional ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati untuk mendongkrak kunjungan wisman khususnya ke wilayah Jawa Barat.


"Salah satunya adalah penambahan penerbangan langsung bukan hanya ke Singapura, Malaysia dan beberapa destinasi lainnya, tapi juga ke negara timur tengah yang sedang kita jajaki," katanya.(*)