EmitenNews.com - United Tractors (UNTR) menginjeksi modal Prima Multi Mineral (PMM) Rp500 miliar. Itu dilakukan perseroan melalui entitas usaha yaitu PT Tuah Turangga Agung (TTA). Fasilitas pinjaman itu, akan digunakan oleh PMM untuk modal kerja.


Pinjaman itu, dikenai bunga JIBOR plus 3 persen per tahun. Periode ketersediaan dana lima tahun sejak tanggal perjanjian. ”Transaksi untuk penguatan modal PMM,” tulis Sara K Loebis, Corporate Secretary United Tractors.


Transaksi itu dilatari, dan dengan pertimbangan lebih menguntungkan bagi TTA apabila mendapat pendapatan bunga dari pinjaman dibanding menyimpan di deposito. Selain itu, TTA dapat membantu kegiatan operasional PMM. ”Itu keuntungannya dibanding dengan pihak di luar terafiliasi,” imbuh Sara. 


Transaksi itu, bukan benturan kepentingan sebagaimana dimaksud POJK 42/2020, karena tidak butuh persetujuan pemegang saham independen. Selain itu, juga bukan material karena nilai transaksi tidak memenuhi threshold yang ditetapkan POJK 17/2020. (*)