KENDARAAN listrik di mana-mana jadi tren sekarang. Bahkan dipelopori Tesla, banyak pabrikan mobil listrik mulai rame-rame menciptakan kendaraan dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence = AI) yang bisa dikemudikan oleh mesin. Penumpang tinggal duduk manis.


Ini yang keren; Australia baru saja mengujicoba angkutan umum otomatis yang diberi nama BusBot, alias bus yang dikemudikan oleh robot.


Adalah perusahaan bus Australia, Busways (kok sama yang di Jakarta ya) yang meluncurkan bus antar-jemput otomatis ini di Coffs Harbour pada awal tahun 2019 dalam fase pertama dari tiga fase uji coba yang dimaksudkan untuk menguji antar-jemput tanpa pengemudi EasyMile E10 pada berbagai tingkat kerumitan.


Seperti ditulis laman resmi BusBot, ujicoba di Coffs Harbour dilakukan untuk menguji teknologi yang memungkinkan merevolusi layanan angkutan umum yang dirancang untuk masyarakat di daerah pedesaan.


"Teknologi kendaraan otomatis ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan cara hidup kita sekaligus memberi masyarakat kesempatan untuk ikut menikmati perkembangan teknologi," tulis BusBot.


Uji coba ini merupakan prakarsa dari pemerintah New South Wales (NSW), yang direalisasikan lewat kemitraan antara Transport for NSW, operator bus lokal; Busways, Coffs Harbour City Council, dan produsen kendaraan EasyMile.


“Kami ingin wilayah NSW merasakan teknologi ini secara langsung, dan saya senang melihat uji coba ini berlangsung,” kata Menteri Transportasi saat itu, Melinda Pavey, seperti dikutip The Driven.


Selama dua tahun BusBot menjalani uji coba yang dimulai dengan uji coba sembilan minggu di Coffs Harbour Northern Breakwall, diikuti oleh fase kedua di desa pensiunan, Toormina Marian Grove selama 2019, dan fase ketiga di North Coast Regional Botanic Garden hingga awal tahun 2020.


Pada akhir Maret tahun ini, Pemerintah NSW memperpanjang uji coba BusBot di Coffs Harbour untuk mulai beroperasi tanpa pengawas atau pengemudi, tetapi dengan pemantauan jarak jauh. Ini merupakan langkah penting untuk membuktikan keberhasilan transportasi umum otonom.


Uji coba tanpa pengemudi akan kembali beroperasi di North Coast Regional Botanic Garden di Coffs Harbour, menandai pertama kalinya di dunia layanan bus antar-jemput penumpang otomatis beroperasi tanpa pengemudi.


“Komunitas Coffs Harbour sangat senang menjadi bagian dari uji coba yang membuat sejarah ini, dengan lebih dari 10.000 penduduk setempat dan pengunjung berusia antara satu hingga 103 tahun ikut serta,” sambut warga Coffs Harbour, Gurmesh Singh.


Coffs Harbour baru-baru ini juga menguji coba bus listrik pertama Busways selama tiga minggu di rute yang sama menggunakan bus Yutong E12 buatan produsen kendaraan komersial China, Yutong. Menawarkan kapasitas baterai 374kWh dengan jangkauan hingga 400 kilometer untuk sekali pengisian, uji coba Yutong E12 dirancang untuk memberi Busways data tentang bagaimana bus listrik dapat beroperasi di daerah dengan rute yang lebih jauh daripada di perkotaan.


“Bus listrik adalah masa depan kami dan kami senang bisa menguji coba bus listrik pertama di pantai utara,” kata Byron Rowe, Managing Director Busway.


Pemerintah NSW berencana mengalihkan seluruh armada busnya ke transportasi tanpa emisi dalam dekade ini, dimulai dengan tujuan mengoperasikan 120 bus listrik pada akhir tahun ini.


Keren ya? Kapan ya kita bisa punya angkutan umum yang beginian.(zan)