EmitenNews.com - Salut buat Zulkifli & Rapai Aceh Meusyuhu (Bur'am). Grup musik tradisional asal Aceh itu, mendapat penghargaan internasional pada ajang Aga Khan Music Awards 2022. Penghargaan diserahkan langsung Yang Mulia Sayyid Bilarab bin Haitham Al Said dan Pangeran Amyn Aga Khan di Royal Opera House in Muscat, Oman, Minggu (30/10/2022).


Dalam keterangannya yang dikutip Senin (31/10/2022), Zulkifli mengaku sangat bersyukur atas penghargaan Aga Khan Music Awards 2022 tersebut. Musisi yang kerap disapa Joel Kande itu, lumayan surprise karena ternyata selama ini masih ada pihak internasional yang memperhatikan pelestarian kesenian tradisional Aceh, khususnya rapai. "Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas penghargaan ini.”


Penghargaan internasional tersebut dedikasikannya untuk seluruh teman dan guru yang mengampunya dalam berkesenian. Joel Kande berharap momentum yang diperolehnya itu bisa menambah motivasi praktisi kesenian tradisional Aceh dan juga pemerintah, untuk terus merawat tradisi kesenian di Tanah Rencong.


"Kesenian tradisional Aceh memberi dampak positif bagi kita. Maka, mari terus kita rawat bersama (kesenian dan budaya) yang telah diwariskan oleh para indatu ini," ujar Zulkifli. ***