EmitenNews.com - Resmi sudah Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman mempersunting Idayati, adik Presiden Joko Widodo, di Solo, Kamis (26/5/2022). Jokowi yang bertindak sebagai wali atas pernikahan sang adik, dengan pejabat negara itu. Anwar menyerahkan sebuah jam tangan, dan seperangkat alat salat, yang menjadi mahar dalam pernikahannya itu.


"Saya nikahkan dan saya jodohkan dengan saudari perempuan saya Idayati binti Notomiharjo, nikah dengan engkau dengan mas kawin seperangkat alat sholat dan sebuah jam tangan dibayar tunai," kata Jokowi saat ijab kabul kedua mempelai yang digelar di Graha Saba Buana, Solo.


Dalam satu tarikan napas, Anwar Usman menjawab: "Saya terima nikahnya dan jodohnya Idayati binti Notomiharjo dengan mahar tersebut, tunai."


Sebelumnya, Selasa (24/5/2022), Kepala KUA Banjarsari, Arba'in Basyar juga membeberkan mahar Anwar untuk adik orang nomor satu di Indonesia itu. "Untuk mas kawinnya Insya Allah seperangkat alat salat itu dan sebuah jam tangan."


Di atas pelaminan, Idayati terlihat manglingi di hari pernikahannya. Anak keempat pasangan Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi Notomihardjo itu tampil glowing dalam balutan kebaya Jawa klasik, dilengkapi kerudung atau veil transparan. Kebaya krem Idayati dihiasi detail bordir, seperti yang juga menghiasi kerudung atau veilnya. Veil yang menjadi aksesori hijab putihnya membuat penampilan Idayati nampak elegan di hari pernikahan.


Sementara itu, mempelai pria, Ketua MK Anwar Usman tampil dengan beskap berwarna senada dengan Idayati. Kedua mempelai memakai kain jarik Sidomulyo. Jenis kain ini biasa dikenakan untuk mereka yang pernah menikah. Motif tersebut bermakna harapan akan kebahagiaan yang bertambah banyak.


Idayati, adik Jokowi berstatus janda, sedangkan Anwar Usman, duda tiga anak. Perkawinan tersebut merupakan yang kedua untuk masing-masing pihak. Sebelumnya, Idayati pernah bersuamikan Hari Mulyono. Namun, meninggal di Jakarta, pada Senin, 24 September 2018, dalam usia 58 tahun. Ibu dua anak ini, bermukim di Jalan Plered Raya, Kelurahan Banyuanyar, Banjarsari, Solo, hanya sekitar 1 kilometer arah barat kediaman pribadi Jokowi.


Sementara itu, Anwar Usman menduda sejak istrinya Suhada Ahmad Sidik, meninggal dunia pada 26 Februari 2021, karena serangan jantung.


Kepada wartawan yang menghubunginya melalui pesan WhatsApp, Senin (21/3/2022), Idayati, anak ketiga pasangan mendiang Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi mengungkapkan, ada sosok yang menjadi perantara perkenalannya dengan Anwar Usman. Namun ia enggan membeberkannya. “Bulan Oktober dikenalin teman. Ada klik.”


Tidak perlu menunggu lama, kini keduanya, Anwar Usman - Idayati resmi dipersatukan dalam ikatan pernikahan. Selamat berbahagia untuk kedua mempelai. ***