EmitenNews.com - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman banjir ucapan selamat. Bukan apa-apa. Pria asal Sumbawa, Nusa Tenggara Barat itu, segera mengakhiri masa dudanya dengan menikahi Idayati, adik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada 12 Maret lalu, mewakili keluarga Jokowi menerima lamaran Anwar yang meminang Ida. Resepsi pernikahan akan digelar di Solo, 26 Mei 2022, dilanjutkan pada 28 Mei 2022, di Sumbawa.


Ucapan selamat berdatangan dari sejumlah politisi. Di antaranya, dari Sekjen DPP Partai PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, Senin (21/3/2022). "Kami tentunya mengucapkan selamat dan berbahagia atas pernikahan tersebut." kata Hasto Kristiyanto, Senin (21/3).


Dari Partai Gerindra, Habiburokhman juga mengaku berbahagia atas kabar rencana pernikahan Ketua MK dan adik Jokowi itu. Doa terbaik disampaikan Gerindra untuk keduanya. "Kami turut berbahagia mendengar kabar baik ini. Kami ucapkan selamat kepada Pak Anwar dan Bu Idayati. Tak lupa doa terbaik kami panjatkan, agar beliau berdua bisa membina rumah tangga yang samara."


Menanggapi rencana pernikahan itu, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera meminta pernikahan Anwar Usman tak perlu dibawa ke peristiwa politik. Dia yakin Anwar Usman tetap akan netral meski nantinya sudah menikahi adik Presiden Jokowi. Ia mengaku tidak melihat adanya maksud lain di balik rencana pernikahan tersebut. Meski demikian, dia meminta masyarakat sama-sama memantau terkait itu.


"Tidak perlu dijadikan peristiwa politik. Saya yakin Ketua MK tetap menjaga netralitas dan profesionalitasnya. Tetapi, publik juga bisa sama melihat ke depannya, seperti apa," kata anggota Komisi II DPR tersebut.


Mardani mendoakan pernikahan Ketua MK dan calonnya, Idayati itu, berjodoh, dan langgeng. Menurutnya, kalau sudah jodoh, sudah ada takdirnya. "Kalau jodoh sudah ada takdirnya. Mendoakan terbangun keluarga sakinah, mawaddah, wa rahmah."


Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyebut pernikahan keduanya misteri ilahi. "Saya berkeyakinan bahwa masalah jodoh adalah misteri ilahi. Jika telah ditetapkan oleh-Nya, tak ada yang bisa mencegah dan menghalanginya. Kami berpandangan perjodohan ini sebagai ketetapan-Nya."


Kamhar juga meyakini hal itu bukan pernikahan politik. Meski Anwar Usman merupakan Ketua MK sedangkan Idayati merupakan adik Presiden Jokowi, menurut dia, itu sudah jodoh, takdir dari Allah..


Namun demikian, Politisi Demokrat ini meyakini munculnya tafsir politik di balik pernikahan tersebut tak bisa dipungkiri. Dia menyebut pihaknya tetap membatasi diri dan menyebut hal itu murni peristiwa sosial budaya.


Informasi yang ada menunjukkan, saat ini, Idayati sedang menjanda, setelah sang suami, Hari Mulyono meninggal dunia pada 24 September 2018, di RSPAD Jakarta. Saat itu Presiden Jokowi datang melayat hingga mengantar ke liang lahad.


Jadi, klop dengan Anwar Usman, yang menduda, sejak istrinya Suhada Ahmad Sidik, meninggal dunia pada 26 Februari 2021, karena serangan jantung. ***

***