EmitenNews.com - Partai Golkar sudah menemukan pengganti Azis Syamsuddin sebagai wakil ketua DPR RI. Ketua Umum DPP Partai Beringin Airlangga Hartarto  mengusulkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Lodewijk Paulus menjadi Wakil Ketua DPR Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam). Lodewijk menggantikan Azis Syamsuddin, yang terjerat kasus korupsi di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Airlangga Hartarto mengantarkan langsung surat penunjukan itu, kepada Ketua DPR Puan Maharani. "Baru saja saya diterima bu Ketua DPR, Ibu Puan. Tadi saya sudah menyerahkan langsung permohonan persetujuan pergantian antar waktu (PAW) pimpinan DPR dari unsur Partai Golkar yaitu Wakil Ketua DPR bidang Korpolkam."


Airlangga menjelaskan, sudah berkomunikasi dengan Puan Maharani sebelum hari ini untuk mengagendakan pertemuan Rabu sore itu. Menteri Koodinator Ekonomi ini, memastikan pembicaraan Partai Golkar dengan Ketua DPR tidak hanya sampai di sini. "Tapi akan ada kegiatan-kegiatan lain dengan Ibu Ketua DPR dalam 1-2 minggu ke depan."


Partai Golkar sudah melakukan rapat pleno terbatas dan rapat pleno harian sehingga proses di internal Golkar sudah sesuai mekanisme, untuk penunjukan Lodewijk Paulus itu. Dan proses di DPR akan tertus berjalan sesuai mekanisme yang berlaku. Airlangga mengaku sudah berkonsultasi dengan senior Partai Golkar, Dewan Pembina, Dewan Kehormatan, Dewan Pakar.


“Pada 27 September 2021, Partai Golkar telah memutuskan menunjuk saudara Lodewijk Paulus sebagai calon Wakil Ketua DPR menggantikan Azis Syamsuddin," ucap Airlangga Hartarto.


Seperti kita tahu Azis Syamsuddin terjerat kasus korupsi. Penyidik KPK, Sabtu (25/9/2021), menetapkan politikus Partai Golkar itu sebagai tersangka kasus korupsi pemberian hadiah atau janji terkait penanganan perkara yang ditangani oleh KPK di Kabupaten Lampung Tengah. Ia diduga menyuap mantan penyidik KPK Stepanus Robin untuk mengurus perkara di Lampung Tengah yang menyeret namanya dan kader Partai Golkar lainnya, yaitu Aliza Gunado, yang tengah diselidiki KPK. ***