EmitenNews.com -PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM) membidik rencana konsolidasi aset berupa merger dan akuisisi (M&A) pada 2024. Aksi korporasi ini bakal ditempuh demi memperkuat sisi topline maupun bottom line perusahaan. Rencananya, M&A bakal diterapkan untuk lini distribusi perusahaan.

"M&A kami adalah fokus kepada inti bisnis kami yaitu vertical-integrated M&A, baik upstream maupun downstream. Kami punya cash-flow yang kuat," kata Ang Andri Pribadi dalam Public Expose Live 2023, Kamis (30/11/2023).

Hingga September 2023, Eksportir suku cadang kendaraan, produsen filter dan radiator nasional ini memiliki kas dan setara kas menembus Rp1,06 triliun, dengan saldo laba yang belum ditentukan penggunaannya mencapai Rp2,89 triliun.

Ang juga menyebut, perseroan masih memiliki plafon pinjaman yang belum digunakan. Hal itu, terangnya, dapat menjadi modal yang kuat untuk mengeksekusi rencana tersebut.

Saat ini, perseroan masih menyusun rencana tersebut dengan prinsip selektif. Tahun depan menjadi tahapan awal dari aksi korporasi tersebut.

"Masalah dana tidak ada masalah. Tahun depan mudah-mudahan ada kabar baik," paparnya.

Hingga akhir September 2023, penjualan SMSM telah menembus Rp3,76 triliun, alias 3,1% lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Laba bersih digenggam senilai Rp695 miliar, naik 8,7%. Produk SMSM masih menjadi primadona bagi market ekspor, antara lain filter, radiator, hingga karoseri.