EmitenNews.com – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) melanjutkan komitmennya yang kuat dalam menerapkan pilar pelestarian lingkungan, sosial, dan tata kelola (environmental, social, and governance/ESG) sebagai bagian dari upaya menjadi bank penyalur KPR terbaik di Asia Tenggara atau “The Best Mortgage Bank in Southeast Asia”. 

Komitmen tersebut mendapatkan pengakuan publik baru-baru ini melalui Bumi Global Karbon (BGK) Foundation, sebuah organisasi non-pemerintah yang berfokus pada pelestarian lingkungan, dalam hal transparansi prinsip-prinsip ESG yang dilakukan oleh perbankan di dalam bisnis dan operasionalnya. 

 

Berdasarkan penilaian BGK Foundation, kinerja BTN dalam melakukan transparansi ESG tersebut patut diapresiasi. Menurut organisasi tersebut, BTN semakin transparan dalam penerapan ESG, yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata ESG sebesar 13,76 persen ke angka 86,76 persen pada 2022, dibandingkan tahun sebelumnya yakni 73 persen. Atas pencapaian ini, BTN berhak mendapatkan predikat “Leadership AA”.

Predikat tersebut mencerminkan kontribusi positif BTN terhadap pembangunan berkelanjutan. Tidak hanya mematuhi regulasi, BTN dinilai telah menjadi agen perubahan yang proaktif dalam menerapkan standar tinggi dalam pengungkapan ESG (ESG Disclosure).

 

Achmad Deni Daruri, Founder Bumi Global Karbon Foundation, mengatakan, BTN berhasil masuk ke dalam kriteria lima besar perusahaan menurut ESG Leader BGK. ESG Leader BGK adalah Indeks dari BGK Foundation yang memiliki nilai pengungkapan ESG tertinggi dan masuk ke dalam LQ45, atau daftar 45 emiten terbaik dengan likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar yang baik. 

“Dalam era di mana keberlanjutan dan tanggung jawab sosial semakin menjadi perhatian utama, Bank BTN memahami bahwa transparansi adalah kunci untuk membangun kepercayaan publik. Dengan mengungkapkan informasi terkait ESG secara jelas dan terbuka, Bank BTN tidak hanya memenuhi tuntutan peraturan, tetapi juga memberikan pemangku kepentingan, termasuk pemegang saham, nasabah, dan masyarakat umum, kejelasan tentang nilai dan prinsip yang dipegang teguh oleh Bank BTN,” ujar Deni.

 

Deni mengatakan, apresiasi yang diterima BTN merupakan bukti bahwa BTN tidak hanya menjadi pelopor dalam transparansi ESG, melainkan juga menjadi teladan bagi perusahaan lain yang ingin mengintegrasikan nilai-nilai keberlanjutan ke dalam operasional mereka.

Menanggapi penghargaan tersebut, Direktur Utama BTN Nixon L.P. Napitupulu mengatakan, pemberian apresiasi tersebut memberikan dorongan motivasi untuk Bank BTN untuk terus menjadi yang terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan di industri perbankan nasional.

 

“Kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh BGK Foundation atas pencapaian kami dalam penerapan ESG. Bank BTN akan terus memperkuat komitmen kami terhadap prinsip-prinsip pelestarian lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik, sehingga kami dapat mencapai tujuan kami yaitu menjadi bank mortgage terbaik di kawasan,” ujar Nixon.

Lebih lanjut, menurut Nixon, pencapaian kinerja BTN yang positif selama ini tidak terlepas dari penerapan pilar ESG melalui 21 inisiatif. Sebagai contoh, penggunaan panel surya untuk kantor sendiri, pembentukan komite ESG dan website ESG Bank BTN, serta mengadakan awareness session terkait ESG kepada 100 karyawan.