EmitenNews.com - Sariguna Primatirta (CLEO) mematok penggunaan plastik daur ulang alias recycled plastic (r-PET) botol kemasan air minum 20 persen tahun ini. Melalui perusahaan terafiliasi Sukses Okindo Kurnia Abadi (SOKA), Sariguna telah memiliki pabrik daur ulang plastik botol kemasan air minum sejak 2013. 


Penggunaan r-PET plastik botol kemasan terus meningkat setiap tahun. Dan, akhir tahun lalu telah mencapai 17 persen. ”Kami berkomitmen kuat terhadap lingkungan hidup secara berkelanjutan. Kami telah menggunakan r-PET ramah lingkungan sejak 10 tahun lalu. Kami sadar, bisnis hanya bisa berkesinambungan kalau didukung lingkungan hidup lestari berkelanjutan,” tutur Melisa Patricia, Wakil Direktur Utama Sariguna Primatirta. 


Dengan makin tinggi penggunaan plastik daur ulang, berarti perseroan telah membantu mengurangi penggunaan plastik, dan lebih ramah lingkungan. Kemasan berbahan plastik daur ulang itu, dibuat tanpa menggunakan bahan kimia tambahan juga mempunyai kelebihan lebih hemat energi, dan emisi CO2 lebih rendah. 


Penggunaan r-PET ECOPET dari SOKA, memberi jaminan berkelanjutan, mengurangi dampak pencemaran lingkungan, dan penyediaan pangan sehat secara berkelanjutan. Jaminan itu, bisa diperoleh karena ECOPET diproses secara tara pangan, dan tersertifikasi.  


Menjelang perayaan ulang tahun ke-20, Sariguna terus melanjutkan misi meningkatkan kualitas lingkungan, dan mendukung kesehatan masyarakat Indonesia melalui program #LangkahMurni. Sariguna mewujudkan itu dengan menghadirkan kemasan produk bebas BPA, karena BPA merupakan zat kimia dapat mempengaruhi kesehatan, hormon, sistem reproduksi, termasuk menjadi pemicu risiko kanker pada manusia. 


Sebagai bentuk kepedulian, dan dukungan terhadap penderita kanker di Indonesia, Sariguna telah merilis kemasan edisi khusus CLEO Untuk Indonesia sejak November 2022. Sebagian hasil penjualan edisi khusus CLEO Untuk Indonesia, yakni CLEO Classic ukuran 550 milileter (ml) dengan tambahan ornamen pita, akan disumbangkan ke beberapa Yayasan Kanker Indonesia. 


Dengan demikian, Sariguna juga memberi kesempatan kepada konsumen untuk memberikan donasi dengan membeli edisi khusus tersebut. ”Melalui campaign #LangkahMurni, kami ingin hadir dengan mendukung program Yayasan Lovepink Indonesia dalam misi wujudkan 10 ribu USG gratis dalam upaya deteksi kanker payudara sejak dini,” tegas Melisa Patricia.


Selain dengan Yayasan Lovepink Indonesia, sebelumnya Cleo juga telah bekerja sama dengan Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia untuk memberikan donasi kepada anak penderita kanker pada 25 November 2022 di Rumah Singgah Pita Kuning Yogyakarta. (*)