EmitenNews.com - Anak usaha PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS), yaitu PT Krakatau Konsultan (KK) menjual saham yang dimiliki oleh PT Krakatau Engineering (KE) kepada PT Krakatau Baja Konstruksi (KBK). Penjualan yang berlangsung pada 14 September 2022 itu, senilai Rp4.628.197.000 kepada KBK.


Dalam keterangannya yang dikutip Senin (19/9/2022), Pria Utama Corporate Secretary KRAS menuturkan tujuan PT KE menjual saham KK untuk mendukung rencana pengembangan KE. Fokus pengembangannya terhadap peningkatan bisnis yang terkait dengan jasa konstruksi dan solusi baja. Dengan begitu diharapkan dapat meningkatkan kinerja perseroan secara konsolidasi.


KE dan KBK adalah anak usaha KRAS dengan kepemilikan saham sebesar 99,99% sedangkan KK adalah afiliasi KRAS dengan kepemilikan saham sebesar 99,99%.


Pasca transaksi, maka kepemilikan saham KE di KK dari sebelumnya 99,99% menjadi 50,99% sedangkan KBK di KK dari 0% menjadi 49%.


Menurut Pria Utama, transaksi tersebut diharapkan bisa memperkuat sinergi antara perseroan dan penataan portofolio bisnis pada Krakatau Grup. ***