Dilihat dari akun Instagram resminya, @fadjroelrachman, Sabtu (8/4/2021), terlihat foto bipang yang diunggah Fadjroel. Foto tersebut menampilkan Bipang Jangkar Kwee Ik Sam Pasuruan.


"Ini BIPANG atau JIPANG dari beras. Makanan kesukaan saya sejak kecil hingga sekarang. BIPANG atau JIPANG dari beras inilah yang dimaksud Presiden @jokowi Terimakasih," tulis Fadjroel seperti dilihat detikcom, pukul 12.23 WIB.


Fadjroel kemudian mengubah narasi dalam akun Instagram-nya. Dilihat pukul 12.51 WIB, dia hanya menyebut bipang masih hit sampai sekarang.

Pembelaan kemudian datang juga dari Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin. Ngabalin mengaku heran apa yang salah dengan pidato tersebut.


"Beliau kan Presiden Indonesia, kalau kemudian memperkenalkan umpama kayak bipang terus apanya yang salah? Itu kan Presiden Indonesia, presiden dari seluruh rakyat Indonesia dari orang Katolik, Protestan, Hindu, Buddha Konghucu, aliran kepercayaan lain, memang kalau bipang itu khas lokal Kalimantan, tapi kan bukan untuk orang Islam itu makanan, itu kan produk lokal, terus di mana salahnya, kok jadi ribut," kata Ngabalin, kepada wartawan, Sabtu (8/5/2021).