EmitenNews.com—PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) menyediakan 1,2 juta kursi untuk angkutan mudik Lebaran. Sebanyak 70% dari kursi tersebut sudah laku.

Direktur Utama Irfan Setiaputra mengatakan sejumlah rute tercatat penuh atau paling banyak pesan oleh masyarakat.

 

"Ada beberapa rute yang memang dapat kami katakan sudah penuh dan ini cukup menarik karena rute tersebut ada jurusan ke Padang, Lampung dan Semarang," katanya di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (14/4/2023).

 

Dia mengatakan, pihaknya sedang mengkaji adanya penambahan penerbangan di rute-rute tersebut. Dia memperkirakan jumlah penumpang untuk mudik tahun ini akan meningkat sampai 69% dibanding tahun lalu.

 

"Angka yang kita peroleh hari ini itu sebenarnya jumlahnya kira-kira kita estimasi sekitar 69% dari tahun lalu. Ini peningkatan yang semua orang sudah prediksi karena PPKM sudah dilepas," terangnya.

 

Irfan menambahkan, Garuda Indonesia grup akan melayani sekitar 7.000 penerbangan, di mana 4.200 dari Citilink dan sekitar 2.800 dari Garuda. Kemudian, pesawat yang dioperasikan sebanyak 97 armada.

 

"Berdasarkan estimasi kita, puncak mudik akan terjadi di 19-20 (April), dan puncak arus balik diperkirakan juga disesuaikan dengan isian yang saat ini ada di tanggal 25-26," terang Irfan.