EmitenNews.com—PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) mengumumkan laporan kinerja keuangan tahun 2022 (diaudit). Di tengah kondisi ekonomi makro yang terus bertumbuh, perseroan berhasil membukukan penjualan bersih Rp 41,2 triliun, tumbuh 4,2%  year on year , dan laba bersih Rp 5,4 triliun atau turun 6,8 persen dibanding  tahun sebelumnya yang masih mencatatkan laba sebesar Rp5,75 triliun.

 

Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk Ira Noviarti mengatakan bahwa 2022 merupakan tahun di mana perseroan menyiapkan landasan yang lebih kuat untuk kebangkitan bisnis setelah melalui tahun 2021 yang berat.

 

"Terlepas dari persaingan yang ketat dalam industri FMCG dan berbagai tantangan seperti kenaikan harga komoditas dan bahan bakar, daya saing kami telah meningkat dengan total pangsa pasar perseroan di 2022 menguat dibandingkan 2021 (sumber: laporan Nielsen). Kami berhasil mengatasi berbagai rintangan yang tidak terduga, dan menjadikan 2022 sebagai awal yang baik untuk pemulihan Unilever Indonesia," papar Ira dalam keterangan resmi, Kamis (9/2/2023).

 

Selama tahun 2022, perseroan terus memperkuat fundamental bisnis menuju pertumbuhan yang kompetitif dan berkelanjutan dengan tetap menjalankan lima prioritas strategis, yakni memperkuat dan  unlock  potensi penuh dari  brand-brand  utama; memperluas dan memperkaya portofolio ke premium dan  value segment ; memperkuat kepemimpinan di  channel  utama (GT dan  Modern Trade ) dan  channel  masa depan ( e-commerce ); penerapan  e-everything  di semua lini bisnis; dan tetap menjadi yang terdepan dalam pembangunan bisnis yang berkelanjutan.

 

Sejalan dengan strategi tersebut, perseroan meningkatkan belanja media, meluncurkan beragam inovasi baru, melakukan pengembangan pasar untuk merekrut lebih banyak konsumen dan meningkatkan konsumsi, serta mentransformasi  channel  agar dapat melayani konsumen dengan semakin baik lagi.

 

Perseroan telah memperkuat  brand-brand  besarnya di 2022 dengan cara meningkatkan investasi belanja iklan yang lebih tinggi lebih dari 30% jika dibandingkan tahun 2021 dan meningkatkan kualitas inovasi produk yang lebih baik. Upaya ini terbukti mampu meningkatkan daya saing  brand-brand  perseroan di tahun 2022, sebagaimana tercermin dari total pangsa pasar perseroan yang lebih besar dibandingkan tahun lalu, baik secara nilai maupun volume.

 

Untuk merespons perubahan kebutuhan konsumen dan daya beli masyarakat Indonesia sepanjang tahun pemulihan, perseroan terus berinvestasi lebih banyak pada pengembangan dan inovasi, menawarkan rangkaian produk dengan kinerja dan kualitas yang lebih unggul, mendorong program pengembangan pasar yang menjangkau lebih banyak konsumen, serta meluncurkan 44 inovasi di seluruh segmen inti, segmen premium dan maupun  value segment .

 

Aspek lain yang menjadi kunci dari fundamental bisnis adalah eksekusi yang sangat baik di  channel  utama (GT dan  Modern Trade ) dan  channel  masa depan ( e-commerce ). Ira menambahkan,

 

"Kami memulai program transformasi  channel  pada semester dua di tahun 2021, di mana kami mengkonsolidasikan jumlah distributor DT untuk menjadikannya lebih besar dan lebih sehat. Pada kuartal III 2022, kami mengurangi stok di sisi  trade , dan langkah ini berlanjut di kuartal IV 2022. Kami percaya bahwa ini adalah strategi yang tepat untuk menjadikan bisnis kami lebih  future-fit  dan lebih tangkas. Upaya kami dalam mengurangi level stok sudah mulai menunjukkan hasil yang positif, baik dari segi biaya maupun laju inovasi kami kepada konsumen. Inisiatif ini mendapatkan apresiasi dari para  customer , dan kami juga dapat lebih fokus untuk mendorong pertumbuhan  sell-out  yang kompetitif," tambah Ira.