EmitenNews.com - PT Elnusa Tbk (ELSA), anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang merupakan bagian dari Subholding Upstream Pertamina, mencatat laba bersih sebesar Rp183 miliar pada kuartal I tahun 2024. Angka ini meningkat 59% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Kinerja Elnusa pada kuartal I 2024 ini merupakan hasil dari upaya manajemen dalam menjaga kesinambungan serta pertumbuhan bisnis perusahaan," ujar Corporate Secretary Elnusa, Frida Lidwina, dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Seiring dengan kenaikan laba bersih, pendapatan usaha konsolidasi mencapai Rp3,1 triliun. Sumber pendapatan terbesar berasal dari jasa distribusi & logistik energi, yang menyumbang 52% dari total pendapatan, diikuti oleh jasa hulu energi sebesar 38%, dan jasa penunjang energi sebesar 10%. Pendapatan jasa hulu energi meningkat 22% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Tidak hanya itu, segmen jasa hulu energi juga mengalami pertumbuhan laba bersih yang signifikan, yaitu sebesar 202% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara itu, jasa distribusi & logistik energi mencatat peningkatan laba bersih sebesar 32%.

"Pertumbuhan yang dicatatkan Elnusa pada tiga bulan pertama 2024 ini didorong oleh peningkatan kinerja pada segmen jasa hulu energi," kata Frida.

Elnusa menunjukkan kinerja yang solid dengan pertumbuhan EBITDA (Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization) sebesar Rp372 miliar, naik 8% dibandingkan periode yang sama tahun 2023, yaitu Rp345 miliar. 

Selain itu, jumlah kas dan setara kas perusahaan per 31 Maret 2024 mencapai Rp2,476 triliun, meningkat 20% dari Rp2,063 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan kami. Kami akan terus fokus pada inovasi, efisiensi operasional, dan pengembangan bisnis yang berkelanjutan. Melalui strategi ini, kami optimis dapat menjaga pertumbuhan bisnis yang stabil dan memberikan kontribusi nyata bagi industri energi nasional," tutup Frida.