EmitenNews.com - Indika Energy (INDY) kembali mendirikan entitas usaha baru. Kali ini, anak usaha anyar itu bernama Industri Baterai Nusantara (IBN). IBN didirikan melalui anak usaha perseroan yaitu Solusi Mobilitas Indonesia (SMI), dan Indika Energy Infrastructure (IEI).


IBN akan melakukan kegiatan usaha sebagai berikut. Melakukan industri baterai untuk kendaraan bermotor, melakukan jasa konsultasi manajemen, melakukan perdagangan besar sepeda motor dan suku cadang sepeda motor, dan aksesorisnya, dan melakukan perdagangan besar mobil, dan suku cadang mobil dan aksesorisnya.


Struktur pemegang saham IBN sebagai berikut. Solusi Mobil Indonesia sebanyak 99,998 persen setara dengan Rp44,99 miliar. Dan, Indika Energy Infrastructure dengan porsi kepemilikan saham 0,002 persen selevel dengan Rp1 juta. ”Penyertaan saham SMI, dan IEI dalam IBN merupakan kelanjutan langkah perseroan secara grup untuk melakukan ekspansi usaha sektor kendaraan listrik,” tulis Adi Pramono, Corporate Secretary Indika Energy.


Pendirian IBN tersebut telah dinyatakan dalam akta pendirian No. 40 tertanggal 22 September 2023 dibuat di hadapan Ungke Mulawanti, Notaris di Bekasi, dan telah mendapat pengesahan sebagai badan hukum oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik melalui Surat Keputusan No. AHU- 0071936.AH.01.01.Tahun 2023 tanggal 22 September 2023. (*)