EmitenNews.com - HMD Global, the home of Nokia phones, melanjutkan kerja sama strategis dengan Blue Bird (BIRD). Lalu, kolaborasi terbaru bersama PT Ponsel Bagus Indonesia untuk HMD Enable Pro – solusi Enterprise Mobility Management (EMM) bagi penggunaan Internet of Things (IoT), dan perusahaan.


Langkah itu, menghadirkan keragaman layanan perusahaan, dan dikombinasi dengan ponsel Nokia, akan menciptakan one-stop shop bagi solusi fleksibel, dan menyeluruh. HMD Enable Pro akan diimplementasikan Bluebird Group untuk membantu pendaftaran, dan pengelolaan secara sentral pada perangkat Android™ para pengemudi, melalui solusi sederhana, fleksibel, dan aman.


”Kami telah menyediakan serangkaian ponsel Nokia, dengan HMD Enable Pro melalui PT Ponsel Bagus Indonesia. HMD Enable Pro merupakan jawaban kami terhadap kebutuhan kalangan perusahaan terhadap solusi terpercaya,” tutur Christian Sudibyo, General Manager HMD Global Indonesia, Senin (18/10).


Bluebird mengaku kelanjutan kerja sama itu, menjadi salah satu bukti komitmen untuk memberikan fasilitas operasional terbaik bagi pengemudi sebagai garda terdepan dalam memberi layanan. Pengemudi Bluebird mendapat kemudahan aksesibilitas operasional dari fitur ponsel khusus rancangan HMD. ”Spesifikasi ponsel mumpuni hingga pengingat administrasi pekerjaan, dan transaksi pengemudi," tegas Paul Soegianto, Chief Strategic Officer PT Blue Bird.


Kelanjutan kolaborasi itu, juga seiring langkah transformasi tengah dilakukan perusahaan. Di mana, pengemudi Bluebird Group, salah satu pilar penting terciptanya transformasi. Peningkatan implementasi digital pengemudi, akan mendongkrak percaya diri pengemudai dalam memberi layanan secara andal. Kesederhanaan menjadi utama HMD Enable Pro berbasiskan kemampuan Android™ Enterprise terbaru, menjadikan layanan jangka panjang untuk penggunaan beberapa tahun mendatang.


Fokus pengembang HMD Enable Pro, menciptakan suatu solusi EMM yang intuitif dan mudah digunakan, bahkan bila pelanggan sama sekali belum pernah menggunakan perangkat tersebut. Konsol manajemen HMD Enable Pro dapat digunakan pada peramban seperti Chrome, Firefox dan Safari, yang memandu penggunanya melalui pengaturan kebijakan (policy set up) dengan langkah-langkah yang mudah dipahami.


Pendaftaran perangkat menjadi mudah dengan QR code dan metode pendaftaran tanpa sentuhan (zero-touch). Untuk membantu perusahaan memonitor perangkat pada pengemudi mereka, fungsi ‘Devices’ menyediakan gambaran detail dari setiap perangkat yang terdaftar, dan statusnya pada saat itu. Selain itu, fungsi ‘Home’ berlaku sebagai panel utama dan menampilkan gambaran dari perangkat yang ada dalam perusahaan.


Dengan penambahan HMD Enable Pro, kini solusi total yang ditawarkan bagi perusahaan terdiri dari ponsel Nokia dan aksesori, layanan seumur hidup untuk ponsel Nokia, solusi konektivitas HMD, dan solusi EMM. Itu memberi pilihan bagi perusahaan untuk memiliki solusi EMM, konektivitas, dan perangkat keras dari satu produsen, guna menyederhanakan pilihan mereka, dan memastikan dukungan yang efisien.


Layanan terpercaya dikembangkan di pusat pengembangan software milik HMD Global di Tampere, Finlandia, HMD Enable Pro dapat beroperasi pada Google Cloud berbasis di Hamina, Finlandia. Itu memastikan seluruh data tersimpan di bawah regulasi EU GDPR memastikan standar tertinggi untuk privasi dan proteksi data. Seluruh pengiriman aplikasi berlangsung dengan terjaga dan aman dari pengelolaan Google Play Store.


HMD Enable Pro juga dapat diakses pada aplikasi publik dan privat melalui iFrame secara langsung dari policy creation wizard, dan dari fungsi Applications. Untuk menambah kenyamanan, pelanggan dapat menggunakan Android™ SafetyNet untuk melihat gambaran singkat dari perangkat yang berpotensi disusupi keamanannya.


Tambahan lain, seluruhnya hadir dengan janji ponsel Nokia Android™ untuk memastikan perangkat mendapat pembaruan dengan unduhan keamanan terkini. Dengan tambahan penambahan keamanan (security patch) setiap kuartal selama empat tahun tersedia sebagai VAS pada perangkat tertentu sesuai standar, pelanggan dapat menggunakan HMD Enable pro untuk waktu lebih lama.


Layanan fleksibel yang sesuai bagi pelanggan Tergantung pada kebutuhan perusahaan, perangkat dapat digunakan dalam mode berbeda sesuai dengan fungsinya – Dedicated Device (Kiosk), Fully Managed dan Work Profile (Company Owned atau BYOD). Hal itu memungkinkan perusahaan memilih solusi yang sesuai untuk seluruh kebutuhan EMM pada perangkat Android™ mereka.


Aplikasi Nokia Phone OEM Config yang dapat diunduh memungkinkan pengaturan manajemen tambahan untuk diimplementasikan sesuai dengan perangkat Nokia tertentu, seperti pengaturan layar dan lokasi. Digabungkan dengan Enterprise API yang telah diperkenalkan untuk ponsel Nokia, mulai dari Nokia 2.4 dan seterusnya, aplikasi OEM Config terbaru memungkinkan pengaturan lebih banyak untuk pembaruan perangkat lunak Android™ sehingga sangat cocok bagi perusahaan yang menginginkan waktu lebih banyak untuk menguji perangkat lunak baru, dan yang ingin mengatur versi sistem operasi pada ponsel pengemudi mereka secara menyeluruh.


General Manager Enterprise HMD Global, Andrej Sonkin membeberkan, saat ini, sekitar 15-20 persen perangkat perusahaan dikelola dengan EMM, dan permintaan terhadap solusi yang dapat dipercaya kian meningkat. Permintaan tersebut didorong oleh digitalisasi, penggunaan perangkat komersial pada IoT, regulasi proteksi data pribadi dan kebutuhan keamanan TI menyeluruh. ”Kami merasa sudah tiba waktunya untuk melakukan perubahan pada adopsi EMM. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi para penyedia solusi IoT, pengguna dan perusahaan, yang pasti akan menyukai kemudahan penggunaan HMD Enable Pro, seberapa pun ukuran perusahaan atau jumlah pelanggan mereka. Dengan peluncuran HMD Enable Pro, kami menjawab kebutuhan perusahaan yang ingin memiliki solusi secara menyeluruh, termasuk perangkat Nokia, EMM dan koneksi data roaming dari produsen terpercaya,” ucapnya. (*)