EmitenNews.com - Autopedia Sukses Lestari (ASLC) optimistis lelang volume kendaraan roda empat bakal melebihi 38.500 unit. Optimisme itu, didukung fakta peningkatan aktivitas ekonomi pasca-pandemi Covid-19 juga turut mendongkrak permintaan mobil bekas.


Melampaui volume lelang pada kondisi normal tahun 2019 sekitar 38.500 unit kendaraan roda empat. Lelang tersebut sepanjang tahun ini dilakukan anak usaha perseroan yaitu JBA. Autopedia, merupakan pemain pertama Indonesia menerapkan lelang mobil secara hybrid (offline dan online). 


Paruh pertama 2023, jumlah kendaraan berhasil dilelang telah meningkat 17,1 persen menjadi hampir 41 ribu unit kendaraan roda dua dan roda empat. Meningkat secara signifikan dibanding periode sama 2022 dengan jumlah lelang sekitar 35 ribu unit. Optimisme pemulihan bisnis lelang kendaraan juga didukung proses lelang mobil secara hybrid telah dipelopori perseroan.


Di mana, lelang secara hybrid terbukti memudahkan pelanggan untuk dapat mengikuti lelang kapan pun dan dimana pun melalui website dan mobile app, sehingga bisa menghindari cornering price. Selain itu, anak usaha perseroan bisnis lelang, JBA juga memiliki sistem manajemen inventori terintegrasi pada website, memudahkan pelanggan untuk memantau aktivitas lelang secara real time, mengontrol inventori, mengatur serah terima barang melalui e-BASTK (Berita Acara Serah Terima Kendaraan) untuk memastikan proses lelang lebih mudah, dan transparan. 


Optimisme perseroan dalam mengincar peningkatan pertumbuhan pendapatan itu, juga didukung kecenderungan suku bunga tinggi mendorong makin banyak anggota masyarakat memburu mobil bekas. Tingkat suku bunga tinggi membuat pola konsumsi masyarakat berubah yaitu mencari produk dengan harga lebih murah, atau berubah dari mobil baru ke mobil bekas.


Keputusan Bank Indonesia (BI) Kamis, 24 Agustus 2023 menahan suku bunga acuan di level 5,75 persen dalam tujuh bulan secara beruntun merupakan indikasi tingkat suku bunga tinggi akan bertahan lebih lama. Sebagai top of mind dalam bisnis lelang kendaraan Indonesia, perseroan melalui JBA merupakan salah satu first mover bisnis lelang kendaraan. 


Autopedia menguasai pangsa pasar terbesar mencapai 40 persen, juga telah memiliki merek terpatri sangat kuat di kalangan konsumen, khususnya para dealer mobil bekas. Di mana, perseroan mendapat kepercayaan dari konsumen merupakan faktor kunci penentu keberhasilan bisnis lelang. Bukan hanya melalui lelang, upaya menggenjot penjualan mobil bekas juga akan dilakukan melalui seluruh lini bisnis. 


”Sebagai satu-satunya pemain lelang, dan jual beli kendaraan bekas dengan dukungan ekosistem terlengkap, perseroan memiliki bisnis retail melalui Caroline.id, dan bisnis wholesale melalui lelang untuk para dealer mobil bekas melalui JBA, dan juga bisnis pegadaian sudah mendapat izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Juni 2023, dan sudah beroperasi sejak Juli 2023,” tutur Jany Candra, Presiden Direktur Autopedia Sukses Lestari.


Dalam upaya memperkuat ekosistem mobil bekas, Caroline.id juga terus melakukan strategi meningkatkan brand awareness, dan kepercayaan pelanggan melalui penambahan jaringan cabang atau showroom, dan juga memberikan jaminan garansi 7G+ bagi seluruh pelanggan, sesuai tagline Caroline.id yaitu jual beli mobil bergaransi. Pada kuartal III-2023, perseroan juga telah membuka 3 cabang baru di Bekasi, Tajur, dan Cinere. (*)