EmitenNews.com - Ledakan gas beracun di lokasi pengeboran panas bumi di wilayah Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (12/3/2022), menelan korban. Dari 15 orang pekerja PT Geodipa Energi yang terdampak ledakan gas di Dieng itu, satu korban meninggal, delapan orang dilarikan ke RSUD Kabupaten Wonosobo dan Puskesmas Kejajar.


Peristiwa tersebut dilaporkan terjadi di lokasi pengeboran sumur baru pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Wellpad 28, Desa Karangtengah, pukul 17.20 WIB. Kepada pers, Sabtu malam, Humas RSUD Setjonegoro Wonosobo, Wajiran, mengatakan, ada sembilan korban gas beracun dari lokasi yang dikelola PT Geodipa Energi di Dieng, dirawat di rumah sakit itu. Satu di antaranya, menutup mata, tiga orang mengalami penurunan kesadaran.


"Dari delapan yang dirawat intensif di IGD, hingga Sabtu malam ini, tiga orang mengalami penurunan kesadaran, dan lima orang dalam kondisi stabil. Identitas korban belum diketahui pasti," kata Wajiran melalui telepon.


Sementara itu Kapolres Banjarnegara, AKBP Hendri Yulianto belum bisa memberikan keterangan pasti penyebab ledakan gas beracun yang terjadi di lokasi pengeboran panas bumi itu. Petugas masih melakukan penyelidikan."Kami masih mengumpulkan data-data di lapangan terkait peristiwa tersebut." ***