EmitenNews.com - Zulkifli Zaini mendapat tugas baru sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen PT Perkebunan Nusantara III (Persero). Menteri BUMN, Erick Thohir menunjuk mantan Dirut PLN itu, bersama dengan Indrasari Wisnu Wardhana juga menjadi Komisaris PTPN III. Dengan pengangkatan komisaris baru secara hybrid pada Jumat (10/12/2021) itu, diharapkan semakin meningkatkan fungsi pengawasan dalam peningkatan kinerja dan tata kelola perusahaan.


Penyerahan Surat Keputusan Menteri BUMN oleh Wakil Menteri I BUMN, Pahala Nugraha Mansury itu, hadir Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata, dan Asisten Deputi Bidang Industri Perkebunan dan Kehutanan Kementerian BUMN Rachman Ferry Isfianto.


Dalam mewujudkan komitmen penerapan tata kelola perusahaan yang baik dan benar (Good Corporate Governance), untuk menentukan dan menetapkan Dewan Komisaris PT Perkebunan Nusantara III (Persero) ini, Kementerian BUMN selaku Pemegang Saham telah melakukan Uji Kepatutan dan Kelayakan (Fit and Proper Test) dan mendapatkan persetujuan dari Tim Penilai Akhir yang diketuai oleh Presiden Joko Widodo.


"Pengangkatan Komisaris ini, telah melalui proses fit and proper test, serta telah mendapatkan persetujuan dari Tim Penilai Akhir yang diketuai oleh Presiden Joko Widodo," ujar Pahala Nugraha Mansury dalam sambutannya.


Pahala Nugraha Mansury mengapresiasi transformasi yang saat ini berjalan sesuai roadmap perusahaan. Ia meyakini bahwa transformasi membantu mengoptimalkan keuntungan dan keberlanjutan bisnis (going concern) perusahaan.


Sebagai penjaga ketahanan pangan dan mencapai target swasembada gula konsumsi pada tahun 2024, Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) telah melakukan penataan industri gula melalui pembentukan PT Sinergi Gula Nusantara, dan akan mengundang mitra bisnis, sehingga strategi partnership ini segera terealisasi tahun depan.


"Proses transformasi yang sedang dijalankan, semata-mata demi perkembangan perusahaan agar terus bertahan sehingga tercapai going concern, tentunya sangat dibutuhkan pengawalan dan pengawasan yang baik dari Dewan Komisaris, khususnya dalam peran PTPN Group untuk mencapai swasembada gula konsumsi," kata Pahala Nugraha Mansury.


Berikut susunan Komisaris PTPN III:

Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen: Zulkifli Zaini

Komisaris Independen: Erwan Pelawi

Komisaris Independen: Amal Baki Pulungan

Komisaris Independen: Wisto Prihadi

Komisaris: Asep Subarkah Yusuf

Komisaris: Arie Yuriwin

Komisaris: Rini Widyastuti

Komisaris: Indrasari Wisnu Wardhana.


Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III, Mohammad Abdul Ghani menjelaskan penetapan pejabat baru komisaris ini dinilai sebagai tindakan cepat untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan melalui penguatan fungsi pengawasan agar berjalan sesuai target bisnis perseroan dengan lebih baik.