EmitenNews.com—Leverage pembangun rumah Indonesia diperkirakan akan meningkat dalam 12 bulan ke depan karena prapenjualan yang lebih lambat dan mata uang lokal yang lebih lemah, karena pertumbuhan global melambat dan sentimen investor terhadap pasar negara berkembang memburuk, kata Fitch Ratings.


Leverage pembangun rumah naik menjadi 36% di 2Q22 dari 31%-32% di dua kuartal sebelumnya, terutama karena pengumpulan uang tunai yang lebih lambat dan biaya yang lebih tinggi, serta melemahnya sekitar 5% dalam rupiah Indonesia terhadap dolar AS di 1H22. Rupiah telah melemah lebih lanjut sekitar 2% sejak saat itu. Hampir 80% dari utang pembangun rumah dinilai dalam mata uang dolar AS, sedangkan arus kas dalam rupiah.


Prapenjualan naik di 2Q22 untuk pembangun rumah dengan peringkat terbanyak karena pembatasan pergerakan terkait Covid mereda yoy di Indonesia. Namun, pertumbuhan prapenjualan agregat secara umum datar, naik 3,5% yoy, terseret oleh PT Alam Sutera Realty Tbk (B-/Stabil) dan PT Modernland Realty Tbk (CCC-). Presales sektor turun qoq di 2Q22 karena musim di tengah liburan Idul Fitri, meskipun PT Ciputra Development Tbk (B+/Positif) dan PT Lippo Karawaci TBK (B-/Stabil) adalah pengecualian dengan beberapa peluncuran proyek baru.


Fitch Ratings memperkirakan pertumbuhan prapenjualan pembangun rumah Indonesia yang diperingkat akan melambat menjadi 0%-5% yoy pada 2022, dari 35% pada 2021. Faktor perkiraan kami dalam kenaikan suku bunga dan mengurangi keterjangkauan, karena sekitar setengah dari prapenjualan adalah didanai oleh hipotek, dan inflasi yang lebih tinggi akan melemahkan permintaan. 


Berakhirnya rabat PPN untuk rumah jadi pada 30 September juga akan mempengaruhi permintaan di 4Q22. Namun, penghapusan pembatasan pergerakan – yang akan memungkinkan peluncuran proyek skala besar tahun ini – bersama dengan harga ekspor minyak sawit dan batu bara yang tinggi, akan mengurangi risiko. Campuran Kinerja 1H22: Prapenjualan pembangun rumah dengan rating tertinggi naik yoy di 2Q22 karena pembatasan pergerakan berkurang di Indonesia. 


Pertumbuhan prapenjualan agregat datar, naik 3,5% yoy, terseret oleh prapenjualan yang lebih rendah untuk PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI, B-/Stabil) dan PT Modernland Realty Tbk (MDLN, CCC-). Sebagian besar emiten mencatat penurunan qoq di prapenjualan di 2Q22 dibandingkan 1Q22 karena musiman di tengah liburan Idul Fitri, meskipun PT Ciputra Development Tbk (CTRA, B+/Positif) dan PT Lippo Karawaci TBK (LPKR, B-/Stabil) adalah pengecualian dengan beberapa peluncuran baru. 


Arus Kas Operasi yang Lebih Tipis: Kami memperkirakan arus kas dari operasi (CFFO), setelah pembayaran bunga dan modal kerja, akan moderat pada tahun 2022.