EmitenNews.com - Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) terus mendorong UMKM naik kelas dan memiliki daya saing tinggi. Salah satunya mendorong budaya inovasi UMKM dan memperluas akses pemasaran produk hasil inovasi. Ini sejalan dengan semangat Astra untuk menjadi penggerak kemajuan bangsa. Pada 11-21 November 2021, YDBA mengikutsertakan UMKM binaannya pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, ajang tahunan industri otomotif Indonesia dalam menghadirkan lini kendaraan dan teknologi otomotif terkini.


Kepada pers, Senin (22/11/2021), Ketua Pengurus YDBA, Sigit P. Kumala mengemukakan, pameran kali ini menjadi kali keenam bagi UMKM binaan YDBA mengikuti GIIAS sejak pertama kali diselenggarakan pada 2015. Konsistensi ini, bentuk komitmen YDBA menunjukkan kontribusi UMKM pada industri otomotif nasional, sekaligus memberikan kesempatan perluasan akses pemasaran bagi UMKM. Pada gelaran GIIAS 2021, YDBA mengusung tema “Inovasi dan Kolaborasi Membangun Negeri” untuk menunjukkan bagaimana UMKM binaan YDBA turut berkontribusi dalam mendorong kemajuan bangsa melalui inovasi.


Berlokasi di Hall 8 No.A4, YDBA menampilkan hasil inovasi berbagai UMKM. Di antaranya, loyang mobil dari Tarikolot, Jawa Barat, Cangkul Merah Putih dari Klaten, Jawa Tengah, Abon Cabai Hiyung dari Tapin, Kalimantan Selatan, Beras Organik dari Bontang, Kalimantan Timur, dan Pisau Set dari Banyumas, Jawa Tengah. Semua itu produk karya UMKM yang telah melalui proses pengembangan yang didukung oleh YDBA berkolaborasi dengan stakeholder terkait.


YDBA juga menampilkan produk-produk unggulan UMKM dari berbagai daerah. Antara lain electric tow tractor dari PT Duta Laserindo Metal, produk furnitur dari CV Target, sarung tangan karet dari PT Yutaka Asia Indonesia, suku cadang sepeda motor dari PT KS Pro, peralatan kebersihan dari CV Harapan Mandiri, berbagai jasa bengkel dari Himpunan Bengkel Binaan YDBA (HBBA), tas etnik dari Meru Style, dan berbagai produk boneka dari Zhovy Toys. (Eko Hilman). ***