EmitenNews.com - Jasa Marga (JSMR) memperkuat modal entitas usaha Rp2,81 triliun. Fasilitas berbentuk shareholder loan (SHL) itu, mengguyur Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK). Aliran modal itu, dilakukan perseroan melalui ana usaha yaitu Jasamarga Transjawa Tol (JTT).


Suntikan fasilitas berupa SHL dari JTT kepada JNK tersebut, untuk melunasi kredit investasi eksisting. Itu penting agar JNK tidak terkena pinalti pelunasan sebesar 5 persen. JTT merupakan salah satu pemegang saham eksisting JNK sehingga terafiliasi dengan perseroan.


Transaksi pemberian pinjaman pemegang saham kepada JNK berpengaruh pada pengurangan saldo kas dan setara kas, penambahan saldo piutang lain-lain dengan jumlah masing-masing sebesar Rp2,81 triliun. Laporan proforma laba (rugi) konsolidasi tidak menunjukkan perubahan pada pendapatan, dan beban-beban perseroan setelah pelaksanaan transaksi.


Transaksi itu, telah diteken pada Selasa, 20 Juni 2023 di Kantor pusat Jasa Marga, Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur (Jaktim). Transaksi tersebut masuk ranah afiliasi. Psalnya, JNK dan JTT dikendalikan secara langsung maupun tidak langsung oleh perseroan. Dan, JTT merupakan anak usaha perseroan, sekaligus menjadi pemegang saham eksisting JNK. (*)