EmitenNews.com - Entitas Gozco Plantations (GZCO) mendapat suntikan dana taktis Rp450 miliar. Dana segar itu mengcur dari Bank Syariah Indonesia alias BSI (BRIS). Fasilitas memenuhi kas anak usaha perseroan yaitu Suryabumi Agrolanggeng (SA). 

Berdasar skenario, pinjaman dari BSI kepada Suryabumi Agrolanggeng untuk syirkah modal usaha, pelunasan utang, pengembangan usaha perusahaan (replanting) dan/atau group usaha. 

Suryabumi Agrolanggeng, entitas anak terkendali Gozco dengan porsi kepemilikan saham sebesar 99 persen. ”Perjanjian pembelian fasilitas kredit telah diteken pada Kamis, 21 Desember 2023,” tulis Yongki Tedja, Direktur Gozco Plantations. 

Pinjaman itu, khusus replanting untuk mempertahankan landbank tertanam. Fasilitas pinjaman itu, akan menambah kewajiban keuangan, namun masih dalam batas kemampuan Suryabumi Agrolanggeng untuk dapat memenuhi kewajiban pembayaran bunga, dan pengembalian pokok sesuai perjanjian. 

Data dan fakta itu, tidak berdampak material terhadap perseroan. Baik dari sisi kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha emiten sebagai perusahaan terbuka. ”Transaksi itu, akan memperkuat kelangsungan perseroan Secara keseluruhan,” imbuh Yongki. (*)