EmitenNews.com - Pemerintah Senin (27/9) membuka masa penawaran Obligasi Negara Ritel seri ORI022 yang dilaksanakan secara secara luring bertempat di Culinaria Modena Jakarta Selatan dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube DJPPR Kemenkeu.


Penawaran ORI022 yang mengusung tema “Pilihan Berharga Untuk Meracik Masa Depan” diluncurkan oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (PPR), Luky Alfirman.


Masa penawaran ORI022 dibuka 26 September hingga 20 Oktober 2022. ORI022 merupakan Obligasi Negara tanpa warkat yang dapat diperdagangkan di pasar sekunder dan hanya antar investor domestik/lokal yang mengacu pada digit ketiga kode Nomor Tunggal Identitas Pemodal (Single Investor Identification/SID).


Hasil penjualan ORI dengan berjatuh tempo 15 Oktober 2025 ini akan ditetapkan pada 24 Oktober, sedangkan tanggal setelmennya 26 Oktober 2022. Minimum pemesanan adalah Rp1 juta, dan maksimal Rp5 miliar. Kupon yang ditawarkan sebesar 5,95% per tahun yang akan dibayarkan tanggal 15 setiap bulan.


Dirjen PPR dalam sambutannya menyampaikan bahwa pandemi COVID-19 sudah mulai mereda, imun masyarakat semakin kuat karena sudah banyak yang mendapatkan vaksin.


"Baru-baru ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut akhir pandemi COVID-19. Tetapi kondisi kini harus tetap disikapi dengan penanganan yang tepat agar kondisi COVID-19 yang membaik tidak malah menjadi peluang munculnya varian Corona baru," kata Lucky.


Indonesia adalah salah satu negara yang berhasil mengendalikan pandemi covid-19 dengan program vaksinasi yang cepat dan menyeluruh. Namun selain vaksinasi ia mengingatkan pentingnya menerapkan pola hidup sehat terutama mengkonsumsi asupan bergizi dan bernutrisi masih menjadi kunci penting bagi kesehatan.


"Pola hidup sehat memiliki manfaat yang tidak hanya dirasakan sekarang, namun menjadi investasi jangka panjang di kemudian hari. Sama halnya dengan meracik asupan yang tepat untuk kesehatan badan, perlu juga meracik pola investasi untuk kesehatan finansial," sambungnya.


Lucky mengatakan penerbitan SBN Ritel pada 2022 dapat menjadi alternatif investasi yang aman dan menguntungkan bagi masyarakat. ORI022 sebagai bagian dari SBN Ritel diharapkan dapat menjadi salah satu pilihan berharga bagi Warga Negara Indonesia dalam berinvestasi, yang manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh individu itu sendiri namun juga untuk masyarakat luas. Karena dananya akan langsung digunakan sebagai sumber pembiayaan APBN.


ORI022 merupakan Surat Utang Negara (SUN) ritel terakhir yang ditawarkan kepada masyarakat di tahun 2022 dari total tiga seri SUN ritel yang direncanakan untuk diterbitkan sepanjang tahun ini.(fj)