EmitenNews.com - Segar Kumala Indonesia (BUAH), kembali mengukuhkan kehadiran di wilayah Barat Indonesia. Kali ini, perseroan meresmikan kantor cabang, dan cold storage atau gudang pendingin di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Palembang menjadi cabang ke-14 secara keseluruhan, dan ke-3 Pulau Sumatera.


”Pembukaan cabang ini menjadi bukti nyata perseroan berkomitmen melengkapi kebutuhan pendistribusian buah, dan sayuran segar kepada masyarakat Indonesia, khususnya wilayah Sumatera,” tutur Renny Lauren, Direktur Utama SKI, saat ditemui di kantor SKI Palembang, Sumsel.


Renny mengungkapkan dengan pertambahan kantor cabang dan cold storage Palembang itu, perseroan mencatat akan dapat menambah kapasitas sekitar 200 ton. Dengan demikian, total kapasitas milik Segar Kumala 7.505 ton atau bertambah 2.300 ton sepanjang tahun 2023.


Oleh karena itu, perseroan meyakini penambahan kapasitas tersebut juga akan sejajar dengan peningkatan revenue tahun mendatang. ”Kami melihat Palembang memiliki banyak potensi, selain kota terbesar kedua Pulau Sumatera. Secara jalur distribusi juga sangat fleksibel, dan lebih mudah untuk menjangkau kota-kota besar lain wilayah Sumatera,” tegas Renny.


Untuk itu, Renny juga mengatakan manajemen sedang menyusun strategi, dan target untuk tahun 2024 mendatang. Hingga kuartal III-2023 kinerja Segar Kumala Indonesia menunjukkan hasil sangat positif dengan mencatatkan peningkatan laba 28 persen atau sebesar Rp26 Miliar. 


Segar Kumala juga sukses membukukan pendapatan Rp1,33 triliun per September 2023, meningkat 42 persen dibanding tahun sebelumnya. Tidak hanya peningkatan penjualan buah-buahan impor, perseroan juga menunjukkan perkembangan signifikan sektor pendistribusian ayam beku dengan peningkatan 202,2 persen sepanjang tahun buku 2023. 


Renny mengatakan hal itu didukung penetrasi perseroan untuk daerah jangkauan baru, dan ekspansi. Peningkatan itu, juga tidak lepas dari penggunaan dana belanja modal secara efektif, dan efisien oleh perseroan. Oleh karena itu, Renny optimistis ekspansi, dan pembukaan cabang baru dapat mendongkrak kinerja perseroan. 


Itu, terbukti dari laporan keuangan hingga September 2023 mengalami peningkatan, dan masih on track. Optimisme itu, juga berlanjut untuk cabang ke-14 yaitu Kota Palembang. ”Kami yakin target menutup tahun 2023 dengan pendapatan Rp1,8 triliun dapat terwujud,” tegas Renny. (*)