EmitenNews.com - PT Waskita Karya (WSKT) memperkuat modal Waskita Bumi Wira (WBW) Rp38,15 miliar. Itu dilakukan melalui anak usaha yaitu Waskita Toll Road (WTR). Caranya, WTR mengeksekusi 38.150 saham yang dikeluarkan WBW. 


Nilai transaksi itu, 0,19 persen dari ekuitas perseroan Rp19,93 triliun, berdasar laporan keuangan konsolidasian auditan per Juni 2022, dan setara 0,17 persen dari ekuitas WTR sejumlah Rp22,66 triliun sebagaimana terlihat dari laporan konsolidasi WTR periode Juni 2022. 


Transaksi itu, masuk kategori afiliasi karena WTR sebagai anak usaha perseroan dengan kepemilikan 92,10 persen. WBW merupakan anak usaha WTR dengan kepemilikan sebesar 99,91 persen. Selain itu, transaksi tersebut juga masuk material karena nilai rangkaian transaksi lebih dari 20 persen dari ekuitas perseroan.


Latar belakang pelaksanaan transaksi WTR dengan WBW untuk memenuhi kebutuhan pendanaan WBW. Dengan adanya peningkatan modal itu, WBW diharapkan dapat memaksimalkan kinerja usaha, dan diharap memberikan nilai tambah bagi perseroan sebagai pemegang saham WTR. (*)