EmitenNews.com - Kebutuhan akan kecepatan akses terhadap konten sangat krusial menghadapi persaingan era digital. Pelaku industri telekomunikasi berlomba-lomba memberi user experience terbaik bagi pelanggan mengakses konten-konten digital. Oleh karena itu, PT Integrasi Jaringan Ekosistem (IJE) atau Weave, anak usaha PT Solusi Sinergi Digital  (WIFI) atau Surge meneken Joint Operating Agreement atau perjanjian kerja sama operasi (KSO) dengan Huawei Indonesia. 


Kerja sama strategis itu, meliputi pemanfaatan teknologi Content Delivery Network (CDN) dari Huawei pada Edge Data Center (EDC) milik Surge. Kedua perusahaan berkolaborasi untuk saling memanfaatkan ekosistem teknologi guna menunjang distribusi konten aman, dan dapat diandalkan. Dengan teknologi teranyar yang dimiliki, distribusi konten kepada seluruh pengguna seluruh Indonesia dapat terjadi secara cepat dan efisien. 


Kolaborasi antara Huawei dan Weave akan memberi manfaat bagi seluruh stakeholder menghadirkan solusi efektif, efisien bagi pemilik konten, dan memberi user experience terbaik bagi masyarakat. Pada fase awal, Huawei akan menempatkan teknologi CDN pada Edge Data Center Surge di kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), lalu menyusul sembilan kota lain di pulau Jawa. Setiap titik CDN akan mengutilisasi kapasitas bandwidth 60 Gpbs. 


Melalui jalinan kolaborasi itu, diharap akan meningkatkan potensi revenue bagi Surge Rp60 miliar per tahun. Memperkuat posisi perseroan dalam menghadirkan solusi total konektivitas yang siap mengakomodasi kebutuhan ekosistem Web 3.0. ”Kerja sama operasi Huawei melalui edge data center kami merupakan validasi global atas misi Surge menghadirkan konektivitas terjangkau, dan mempercepat transformasi digital bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Dengan teknologi CDN untuk distribusi konten internet berkecepatan tinggi dari Huawei, pertukaran data secara lokal dapat dilakukan dengan lebih cepat, mendukung lokasi Edge Data Center dari Surge dekat dengan pengguna. Ke depan, penyedia konten, dan pengguna akhir (end-customer) akan menikmati teknologi kelas dunia dalam hadirkan transmisi data secara cepat,” tutur CEO Surge Hermansjah Haryono.


Sementara itu, Jason Zhang, President of Huawei Cloud Indonesia mengaku berkomitmen menyediakan layanan cloud andal, aman, dan biaya terjangkau untuk memberdayakan aplikasi, memanfaatkan kekuatan data, dan membantu organisasi berbagai skala untuk tumbuh di dunia cerdas saat ini. ”Melalui kerja sama dengan Surge, kami mendukung pemanfaatan Edge Data Center (EDC) Surge dengan penggunaan teknologi CDN Huawei. Selama beberapa bulan terakhir, kami juga sudah menguji teknologi, dan operasi kedua perusahaan dengan hasil sangat menggembirakan. Kami berharap kerja sama ini dapat berlanjut di kota-kota lain, pada akhirnya makin memudahkan, dan memperluas konektivitas bagi pelanggan kami di Indonesia,” tukas Jason. 


Melalui kerja sama operasi itu, Surge dan Huawei akan menyediakan layanan penyediaan konten yang memiliki beberapa keunggulan seperti berikut. Akselerasi akses konten meskipun terjadi jumlah permintaan besar, kecepatan akses dan experience pelanggan tetap terjaga karena lokasi penyimpanan data dekat dengan pengguna (pada Edge Data Center Surge). Selain itu, gangguan seperti server overload atau bandwidth tidak cukup juga dapat dihindari. 


Akselerasi download bagi pelanggan. Proses download dapat dipercepat dalam menyediakan file audio atau video, game, software dan patch lainnya, karena konten yang akan diunduh oleh pelanggan dapat didistribusikan dari lokasi server terdekat secara optimal. Akselerasi akses video on demand (VOD). Teknologi CDN Huawei membantu pelanggan mengakses layanan streaming secara berkualitas, stabil dan tidak mudah putus. Layanan dilengkapi Hotlink Protection untuk memastikan streaming tidak diakses secara ilegal.


Teknologi Content Delivery Network (CDN) dapat mempercepat penyampaian konten dengan melakukan caching atau penempatan duplikat data/konten dalam lokasi tertentu (edge nodes) yang dekat dengan end user/pengguna, termasuk website dan games, dengan tujuan latensi lebih rendah dan experience lebih baik di sisi pengguna. Teknologi CDN dapat dimanfaatkan untuk mendukung konektivitas lebih baik dan stabil bagi para operator OTT (Over The Top) di Indonesia maupun pengguna akhir (end-customer). 


Account Director Huawei Tech Investment Enterprise Business Group, Miaojun, menambahkan diperkuat teknologi DWDM, dan teknologi teranyar Automatically Switched Optical Network (ASON) dari Huawei untuk jaringan serat optik milik Surge sepanjang rel, kolaborasi CDN antara Huawei Cloud, dan Weave akan menjadi solusi teknologi jaringan terintegrasi bernilai tambah tinggi. ”Baik itu bagi kedua perusahaan, seluruh stakeholder industri teknologi informasi dan komunikasi, dan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” beber Miaojun.


Sejak 2021 Surge telah mematok pembangunan ratusan EDC tersebar seluruh pelosok Pulau Jawa. Lokasi awal EDC Surge telah beroperasi yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Cikarang, dan Bandung. Pembangunan EDC itu, akan terus berlanjut seiring finalisasi penggelaran jaringan serat optik Weave 2.800 kilometer (km) sepanjang jalur kereta Pulau Jawa.


EDC Surge terhubung melalui jaringan serat optik Weave, didukung teknologi jaringan andal Huawei, dan CDN kelas dunia diharap meminimalisir downtime yang menjadi resiko umum Indonesia. ”Tidak hanya bagi partner bisnis, pengembangan data center tentu sejalan pengembangan usaha perseroan dalam berbagai solusi digital bidang media, dan hiburan bagi konsumen langsung akan dihadirkan dalam waktu dekat. Dilengkapi CDN, EDC Surge akan memudahkan pertukaran data secara lokal, maupun akses streaming ke aplikasi media dan hiburan stabil dengan experience jauh lebih baik, tanpa banyak buffering atau lagging, dan tentu harga terjangkau,” tutup Hermansjah.


Huawei dikenal sebagai perusahaan teknologi global terkemuka, telah hadir lebih dari 30 tahun melalui keahlian produk, dan solusi infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Huawei memiliki klien-klien content provider dengan basis pengguna konten besar di Indonesia. Sedangkan Weave merupakan anak usaha Surge hadir sebagai neutral carrier collaborator & provider menyediakan jaringan serat optik berkapasitas tinggi, dan andal sepanjang jalur kereta di Indonesia. (*)