EmitenNews.com - PT Malacca Trust Wuwungan Insurance Tbk. (MTWI) berencana melakukan penambahan modal dengan memberikan hak memberikan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue melalui penawaran umum terbatas (PUT) I sebanyak-banyaknya 1,4 miliar saham pada nominal Rp100 per saham.

 

Iis Syarifuddin Corporate Secretary PT Malacca Trust Wuwungan Insurance Tbk (MTWI) dalam keterangan resminya Rabu (3/8) mengungkapkan,  pelaksanaan HMETD  setelah memperoleh persetujuan dari RUPSLB yang rencananya akan diselenggarakan pada Jum’at, tanggal 9 September 2022.

 

Hal itu sesuai dengan ketentuan Pasal 8 ayat (3) POJK No. 32/2015, jangka waktu antara tanggal persetujuan RUPSLB sehubungan dengan PUT I dengan memberikan HMETD sampai dengan efektifnya pernyataan pendaftaran PUT I dengan memberikan HMETD tidak lebih dari 12 bulan, tulis Lis.

 

Secara umum pelaksanaan HMETD akan memberikan dampak secara langsung terhadap struktur permodalan dan likuiditas saham Perseroan.

 

Perseroan memperkirakan bahwa rencana HMETD akan mempengaruhi kondisi keuangan secara positif, yaitu antara lain memperkuat neraca keuangan, dimana peningkatan aset dengan adanya tambahan kas dan/atau aset yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja baik secara keuangan maupun operasional.

 

"MTWI berencana menggunakan dana yang diterimanya dari penambahan modal dengan memberikan HMETD (setelah dikurangi biaya-biaya emisi) untuk menambah modal kerja,"tuturnya.

 

Dalam hal pemegang saham tidak melaksanakan HMETD miliknya, maka persentase kepemilikannya atas Perseroan akan terdilusi hingga sebanyak- banyaknya 47,83%