EmitenNews.com -PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) memutuskan pembagian dividen tunai sebesar Rp31,06 per saham.Mengacu jumlah saham yang beredar (di luar saham treasury), maka total dividen ACES mencapai Rp531,75 miliar.

 

Keputusan ini ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Rabu (21/6/2023). Adapun dividend payout ratio (DPR) yang ditetapkan perseroan mencapai 80 persen dari total laba bersih tahun buku 2022 sebesar Rp673,64 miliar.

 

Diketahui total laba bersih ACES tahun lalu turun 4,42 persen year-on-year (yoy) dibandingkan 2021 senilai Rp704,80 miliar.

 

Kondisi ini terjadi saat penjualan dan pendapatan usaha ACES meningkat 3,35 persen yoy menjadi Rp6,76 triliun. Sejumlah pos beban yang meningkat baik pokok hingga penjualan membebani sisi bottom line.

 

Selain penetapan dividen, ACES akan memakai sisa laba bersih sebagai modal alias masuk laba ditahan.

 

Investor yang berhak atas dividen ACES merupakan pemegang saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham (DPS) paling lambat pada 6 Juli 2023.

 

Memanfaatkan momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diproyeksikan 5,3%, PT Ace Hardware Tbk (ACES) siap genjot penjualan dengan menargetkan pertumbuhan pendapatan dan laba hingga 10% pada tahun 2023.

 

Corporate Communications  Ace Hardware Melinda Pudjo mengatakan, perseroan memproyeksikan pada tahun ini industri ritel kembali bangkit, bahkan mampu alami lonjakan pertumbuhan. Maka dari itu, perseroan menyiapkan berbagai strategi salah satunya ekspansi penambahan gerai.

 

"Tahun ini kami akan menambah sebanyak 10 gerai baru," jelasnya, awal tahun ini.