EmitenNews.com - Dua pengurus teras mendapat limpahan 1,06 miliar saham GoTo Gojek Tokopedia (GOTO). Pengalihan saham tersebut terjadi dengan harga pelaksanaan Rp2. Dengan skema harga itu, dua pentolan perusahaan tersebut cukup merogoh dana sekitar Rp2,13 miliar.


Nah, transaksi pengalihan tersebut telah dituntaskan pada Senin, 21 Agustus 2023. Dua dedengkot perusahaan itu terdiri dari Catherine Hindra Sutjahyo, dan Hans Patuwo. Catherine Hindra bertindak sebagai presiden unit bisnis On-Demand Services GoTo. Sedang Hans Patuwo beroperasi sebagai Direktur GoTo. 


Catherine Hindra mendapat santunan saham sebanyak 493.717.692 eksemplar senilai Rp1,06 miliar. Dengan setoran saham sebanyak itu, untuk kali pertama Catherine Hindra mengakumulasi saham perseroan. Yaitu, mengempit 493,71 juta helai alias sekitar 0,04 persen. 


Sementara Hans Patuwo mendapat porsi saham lebih besar. Tepatnya, sebanyak 574.829.533 helai atau 574,82 juta lembar senilai Rp1,06 miliar. Menyusul transaksi tersebut, untuk kali pertama Hans Patuwo menggenggam 574,82 juta saham perseroan atau setara dengan 0,05 persen. 


Transaksi itu, sebagaimana telah diungkap dalam prospektus penawaran umum saham perdana GoTo, sebagai bagian dari program opsi saham karyawan, dan konsultan. GoTo Peopleverse Fund (GPF), salah satu pemegang saham perseroan, memberi opsi saham kepada karyawan, mantan karyawan, anggota direksi, dan dewan komisaris perseroan termasuk kepada catherine Hindra, dan Hans Patuwo sebagai anggota direksi perseroan. 


Di mana, opsi saham tersebut memberikan hak kepada setiap pemegang opsi, untuk memiliki saham perseroan yang dimiliki, dan dikelola GPF. ”Selanjutnya, dengan tujuan untuk memiliki saham perseroan, dan investasi, Catherine Hindra, dan Hans Patuwo telah melaksanakan opsi saham yang dimiliki tersebut dengan cara memberikan pemberitahuan kepada GPF, dan membayar harga pelaksanaan kepada GPF,” tegas R A Koesoemohadiani, Corporate Secretary GoTo Gojek Tokopedia. (*)