EmitenNews.com - MNC Studios International (MSIN) Maret 2022 akan mengoperasikan sebagian proyek Movieland. Movieland berada di atas lahan 21 hektare (ha) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City. Bersebelahan dengan theme park digadang-gadang menjadi yang terbesar ASEAN.


Pengerjaan Movieland mulai awal 2021. Proses meratakan kawasan sudah 94 persen berjalan. Persiapan seperti pembangunan jalan sudah berjalan. ”Pengoperasian Movieland diharap tercipta efisiensi produksi,” tutur Direktur MNC Studios International Titan Hermawan, Senin (3/1).


Pembangunan Movieland dilaksanakan dua fase. Diharap Maret 2022 sudah bisa beroperasi. Beberapa spot selesai pada 2022. Pada Mei ada beberapa area perumahan menengah, dan cafe resto selesai, pertokoan juga bisa mulai shooting. Seluruhnya, rampung pada kuartal IV-2023.


Selain itu, ada beberapa contoh gambar desain sudah selesai seperti perumahan biasa, perumahan elit, akan ada empat sisi berbeda, sehingga dapat melakukan pengambilan gambar secara simultan untuk empat program berbeda pada waktu bersamaan. Sejumlah lokasi syuting luar ruangan sudah memiliki desain seperti restoran, cafe, pertokoan, desain sekolah, rumah sakit, hingga bandara.


Selama ini, pengambilan gambar di Indonesia menggunakan set, acap kali mengganggu ketertiban umum sekaligus memperlambat proses produksi film maupun serial. Seluruh proses produksi terpisah-pisah itu, tidak efisien. MNC Studios juga membangun fasilitas post production untuk kebutuhan editing, suara, musik, dan color grading dapat menggantikan proses post production selama ini menggunakan teknik tinggi, dan dilakukan di luar negeri. (*)