EmitenNews.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan kemarin sukses menembus level MA 20, dan MA 5. Itu menjadikan sinyal positif indeks akan kembali menguat. Sepanjang perdagangan hari ini, indeks menguji level resistance 6.682, dan support level 6.650. 


Sejumlah saham dapat diperhatikan secara teknikal antara lain MLPL, AKRA, MDKA, ANTM, IMJS, dan ERAA. ”Hari ini, indeks potensial kembali melanjutkan apresiasi,” tutur Lukman Hakim, Research Analyst Reliance Sekuritas Indonesia, Kamis (18/11).


Merujuk perdagangan kemarin, indeks bergerak menguat pada level 6.675.80. Itu setelah para investor merespon kenaikan penjualan retail di Amerika Serikat (AS) mengalami kenaikan. Lonjakan Indeks juga dibantu net buy investor asing di pasar regular Rp320 miliar. Selain itu, juga ditopang kenaikan bank besar diborong investor asing.


Di mana, beberapa hari lalu investor asing mencatatkan net sell. Itu didukung sentimen lokal dengan rilis perekonomian tingkat suku bunga diperkirakan belum akan mengalami kenaikan. Itu menjadi sentimen positif bagi Indeks untuk melanjutkan penguatan. 


Sektor mengalami penguatan perdagangan hari kemarin yaitu industrials 1,51 persen, transportasi 1,40 persen, dan energi 0,84 persen. Kemudian investor asing membukukan net sell seluruh pasar Rp824,98 miliar, dengan saham paling banyak di distribusi yaitu TLKM, ADRO, SMGR, dan BUKA. 


Sementara itu, dari bursa Asia pagi ini, indeks Nikkei dibuka melemah 0,30 persen, indeks Kospi saat ini tengah libur. Para investor merespon negatif pertemuan Xi Jinping dan Biden. (*)