EmitenNews.com - Mitra pergudangan Indomarco dan Indomaret, PT Vastland Indonesia Tbk (VAST), akan mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia, Rabu (8/2). Target dana initial public offering (IPO) itu mencapai Rp70 miliar.

 

Perseroan akan melepas 650 juta saham baru bernilai nominal Rp50 per lembar. Itu setara 21 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum. Harga penawarannya Rp108 per saham.

 

Secara bersamaan, VAST juga menerbitkan 130 juta Waran Seri I dengan nilai nominal serupa, mewakili 4 persen dari total jumlah saham ditempatan dan disetor penuh. Jangka waktu pelaksanaannya setahun, dengan harga pelaksanaan Rp338. Dana dari pelaksanaan waran itu maksimal berjumlah Rp44 miliar.

 

Sebelum mencatatkan saham, VAST telah menggelar bookbuilding pada 16 Januari 2023 hingga 20 Januari 2023 dengan harga penawaran di rentang Rp100 sampai dengan Rp109. Distribusinya berjalan Selasa (7/2).

 

Penggunaan dana IPO mitra pergudangan Indomarco dan Indomaret


Setelah dikurangi biaya-biaya emisi efek, perseroan akan mengalokasikan dana IPO sebagai berikut:

 

74 persen untuk belanja modal yang terbagi menjadi:

  1.   67 persen untuk pembelian aset, yang terdiri dari pelunasan tanah dan bangunan tersewa di Bandar Lampung, Pekanbaru dan Jambi: Rp33 miliar

 

  1.   33 persen untuk pelunasan hutang pihak berelasi terkait pembelian tanah di Bandar Lampung: Rp16 miliar

 

  1.   26 persen untuk modal kerja berupa biaya operasional dan biaya-biaya yang timbul atas transaksi jual beli tanah dan bangunan, termasuk namun tidak terbatas pada BPHTB, Notaris.