EmitenNews.com—PT WIR Asia Tbk (WIRG) membukukan Laba bersih konsolidasian Perseroan untuk periode 9 (sembilan) bulan Tahun 2022 sebesar Rp37,1 miliar mengalami pertumbuhan yang sangat positif yaitu sebesar Rp23,4 miliar atau 171% dari Rp13,7 miliar untuk periode yang sama pada tahun sebelumnya. 


Komitmen Perseroan dalam menjaga profitabilitasnya juga tercermin dengan mencatatkan marjin laba bersih konsolidasian untuk periode sembilan bulan tahun 2022 sebesar 3,1% yang tidak jauh berbeda dengan marjin laba bersih untuk periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar 3,2%.


Merujuk data laporan keuangan WIRG yang dimuat pada laman BEI, disebutkan,  Perseroan mencatatkan total pendapatan konsolidasi sebesar Rp1.207,6 miliar yang tumbuh signifikan sebesar Rp775,3 miliar atau 179% dibandingkan total pendapatan konsolidasi untuk periode yang sama pada tahun 2021 sebesar Rp432,3 miliar. Berdasarkan tren kuartalan, Perseroan mencatatkan pendapatan konsolidasi sebesar Rp556,9 miliar untuk kuartal ketiga tahun 2022 yang bertumbuh sangat positif sebesar Rp430,8 miliar atau 342% jika dibandingkan pendapatan konsolidasi pada kuartal sebelumnya sebesar Rp126,1 miliar. 


Performa positif ini ditunjang oleh pertumbuhan dan pengembangan secara holistik dari unit-unit bisnis Perseroan khususnya DAV dan MindStores yang menyediakan platform berbasis teknologi Augmented Reality (AR) - Virtual Reality (VR) - Artificial Intelligence (AI) untuk kebutuhan transaksi commerce dan media periklanan (advertising) yang menghasilkan recurring income serta AR&Co yang menawarkan jasa pembangunan solusi berbasis AR, VR, dan AI. Pertumbuhan unit-unit bisnis Perseroan tersebut juga dikatalisasi oleh terealisasinya rencana bisnis yang dijalankan Perseroan pasca IPO.


Beban pokok pendapatan untuk periode 9 (sembilan) bulan tahun 2022 tercatat sebesar Rp1.075,1 miliar yang meningkat sebesar Rp693,9 miliar atau 182% secara YoY dari Rp381,3 miliar pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Peningkatan beban pokok pendapatan ini sejalan dengan peningkatan pendapatan yang signifikan pada periode 9 (Sembilan) bulan tahun 2022.


Beban usaha meningkat sebesar Rp61,8 miliar atau 213% menjadi Rp90,8 miliar pada periode 9 (sembilan) bulan tahun 2022 jika dibandingkan secara YoY untuk periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp29,0 miliar. Peningkatan pada beban usaha ini terutama dikontribusikan oleh peningkatan biaya marketing dan juga beban gaji pegawai seiring dengan perluasan lini bisnis Perseroan sehingga dapat menjadi pondasi yang mendukung rencana pertumbuhan bisnis Perseroan.


Michael Budi Wirjatmo Direktur Utama WIRG mengatakan, “Sepanjang kuartal ketiga tahun 2022 ini WIRG terus konsisten dalam merealisasikan strategi pertumbuhan dan pengembangan unit-unit bisnis Perseroan. Hal tersebut tercermin dari performa yang sangat positif pada kuartal ketiga tahun 2022 dimana Perseroan berhasil mencatatkan tambahan pendapatan konsolidasi sebesar Rp556,9 miliar sehingga Perseroan membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp1.207,6 untuk periode sembilan bulan yang berakhir pada 30 September 2022. Kami meyakini bahwa dengan strategi yang kami jalankan saat ini, kami dapat menjaga inovasi dan tren pertumbuhan Perseroan serta tetap menjadi pemimpin dalam industri teknologi berbasis AR, VR, dan AI.”