EmitenNews.com -  Bursa Efek Indonesia (BEI) saat ini tengah mencermati pola transaksi dua saham emiten yakni PT Agro Yasa Lestari Tbk. (AYLS) dan PT Tanah Laut Tbk.(INDX). Kedua saham tersebut di pantau lantaran terjadi peningkatan harga yang di luar kebiasaan (Unusual Market Activity/UMA).

 

Saham AYLS dalam kurun waktu 5 hari bursa, sejak 11 Maret hingga penutupan kemarin 17 Maret 2022 telah mengalami lonjakan harga hingga 68,60 persen atau 166 poin ke level Rp410 per saham dari sebelumnya Rp250 per saham.

 

Adapun untuk INDX telah melonjak 44,14 persen selama 5 hari bursa, dari Rp222 per saham pada 11 Maret dan pada penutupan kemarin 17 Maret 2022 sudah bertengger di level Rp320 per saham atau melonjak 98 poin.

 

Patut dicermati kembali bahwa Pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang - undangan di bidang Pasar Modal.

 

"Sehubungan dengan terjadinya UMA atas perdagangan saham AYLS dan INDX meminta para investor untuk memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa."tulis Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI, Lidia M. Panjaitan, dalam surat keterbukaan Informasi BEI, Jum'at (18/3).

 

Selain itu, Bursa juga menghimbau agar para investor mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasinya, serta mengkaji kembali rencana corporate action perseroan apabila belum mendapatkan persetujuan RUPS.

 

"Investor juga diharapkan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi,"tegasnya.