EmitenNews.com - Pemerintah terus berupaya menuntaskan Proyek Strategis Nasional (PSN). Hingga 2022, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan 34 infrastruktur PSN yang tertuang dalam Permenko Bidang Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022, di seluruh Indonesia. Dalam 2023-2024 PUPR menargetkan menuntaskan 47 PSN.

 

Dalam keterangannya Kamis (20/7/2023), Menteri PUPr Basuki Hadimuljono mengatakana, targetnya sebanyak 24 PSN dan pengembangan kawasan industri dalam tahap konstruksi dapat selesai pada 2023. Tujuannya, meningkatkan daya saing bangsa serta memacu pertumbuhan ekonomi nasional maupun regional bagi kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan (sustainable).

 

"Pembangunan infrastruktur ini selain meningkatkan pemerataan pembangunan dan mengurangi disparitas antarwilayah juga untuk meningkatkan perekonomian dan penciptaan lapangan kerja, serta meningkatkan daya saing bangsa," kata Menteri Basuki Hadimuljono.

 

Untuk 2023, sasaran program PSN yang akan dicapai, Kementerian PUPR menyelesaikan 15 bendungan guna mendukung ketersediaan air dan ketahanan pangan secara nasional. Bendungan ini tersebar di, Provinsi Aceh, dua bendungan,  yakni Bendungan Keureuto dan Rukoh. Lausimeme di Sumatera Utara, Margatiga di Lampung, Karian di Banten, Cipanas dan Leuwikeris di Jawa Barat.

 

Kemudian Jlantah di Jawa Tengah, Sidan di Bali, Sepaku Semoi di Kalimantan Timur,Temef di Nusa Tenggara Timur, Tiu Suntuk di Nusa Tenggara Barat, Ameroro di Sulawesi Tenggara, Pamukkulu di Sulawesi Selatan, dan Lolak di Sulawesi Utara. Selain itu juga diselesaikan pembangunan jaringan irigasi untuk Daerah Irigasi (DI) Lempuing di Sumatera Selatan.

 

Targetnya 5 jalan tol

 

Masih di tahun 23, PSN yang ditergetkan selesai adalah 5 jalan tol, yakni Tol Sigli -  Banda Aceh, Tol Pasuruan - Probolinggo, Tol Cimanggis - Cibitung, Tol Cibitung - Cilincing, dan Tol Cinere, Jagorawi.

 

Lalu, pembangunan Rumah Susun (Rusun) Lanud Halim Perdana Kusuma dan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk mendukung perhelatan Asean Summit di Tana Mori dan Labuan Bajo. Juga dukungan infrastruktur untuk pengembangan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang di Jateng.

 

Pada 2024, Kementerian PUPR menargetkan sebanyak 23 infrastruktur PSN dapat diselesaikan. Bidang Sumber Daya Air sebanyak 10 bendungan, yakni Tigadihaji, Sumsel, Bener dan Jragung, Jateng, Bagong, Jatim. Kemudian, Marangkayu, Kaltim, Meninting, NTB, Manikin, NTT, Way Apu, Maluku, Bulango Ulu, Gorontalo, dan Budong-budong di Sulawesi Barat.