EmitenNews.com - PT Chitose Internasional (CINT) mendapat pinjaman lunak Rp15 miliar. Fasilitas tersebut didapat dari Trisula Textile Industries (BELL) Kesepakatan itu, telah diteken pada 13 Juni 2022. 


Pinjaman dari Trisula Textile itu dilabeli bunga 9 persen per tahun. Transaksi itu masuk afiliasi menyusul Chitose dan Trisula di bawah kendali yang sama yaitu Kiky Suherlan, dan Dedie Suherlan. Itu melalui kepemilikan langsung dan tidak langsung PT Tritirta Inti Mandiri, Karya Dwimanunggal Sejahtera, PT Inti Nusa Damai, dan Trisula Insan Tiara.


Pinjaman itu, seiring permintaan pasar sudah mulai meningkat pada 2022. Oleh karena itu, perseroan membutuhkan suntikan modal kerja bersifat mendesak. Perseroan mengajukan pinjaman jangka pendek kepada Trisula selaku perusahaan terafiliasi. Dan, pinjaman itu telah disetujui yang ditunjukkan MoU.


Pinjaman afiliasi tersebut juga dilatari efisiensi waktu, dan administrasi lebih sederhana, dibanding apabila pinjaman dilakukan dengan pihak perbankan atau pihak ketiga lain. Selain itu, pinjaman Afiliasi dapat meningkatkan likuiditas sesuai kebutuhan. Kalau perkembangan usaha membaik, dan perseroan memerlukan modal kerja, perpanjangan jangka waktu pinjaman dapat dilakukan lebih fleksibel. (*)