EmitenNews.com - Kehadiran jalan tol Cibitung-Cilincing akan menghilangkan kemacetan dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok. Karena itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengharapkan akan berdampak pada penurunan biaya logistik.


"Kalau nanti akses jalan tol sampai ke Pelabuhan Kalibaru juga jadi. Diharapkan bisa menurunkan biaya logistik hingga 50 persen," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Jakarta, Selasa (20/9/2022).


Menhub Budi menjelaskan, pemerintah telah melakukan pembangunan infrastruktur secara konsisten dan sistematis. Pembangunan telah dilakukan secara apik dari memulai, membangun, menyelesaikan, sampai menghubungkan antara fasilitas ke fasilitas lainnya, dalam hal ini menghubungkan kawasan industri dengan pelabuhan.


Dengan hadirnya jalan tol Cibitung.Cilincing akan meningkatkan daya saing produk-produk dalam negeri. Dengan begitu, kata Menhub, dapat meningkatkan minat para investor baik dari dalam negeri maupun asing untuk berinvestasi di kawasan industri Bekasi, Karawang dan sekitarnya.


Tidak hanya di Pelabuhan Tanjung Priok, pembangunan akses jalan tol dari dan ke Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, yang ditargetkan selesai pada tahun 2024 juga akan meningkatkan kinerja pelabuhan tersebut. Kehadiran Pelabuhan Patimban akan melengkapi keberadaan Pelabuhan Tanjung Priok untuk memperlancar distribusi logistik nasional. ***