EmitenNews.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) sudah di Tanah Air. Mentan SYL yang mengenakan celana hitam, berjas motif kotak-kotak, dan memakai masker hitam, tiba di Jakarta melalui Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, Rabu (4/10/2023) petang. Nampak tiga staf, berjalan menemaninya. 

 

Ternyata ketibaan Mentan SYL tidak melalui Terminal VVIP, seperti yang sempat ramai diberitakan. Ia keluar dari Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta. Tidak lama, mantan gubernur Sulawesi Selatan itu, dan staf menuju parkiran mobil di T3.

 

Kepulangan Mentan SYL lebih cepat sehari dari info yang disampaikan kolega partainya, bendahara umum Partai NasDem Ahmad Sahroni. Sahroni sebelumnya memastikan Syahrul bakal kembali ke Tanah Air, Kamis (5/10/2023), setelah menyelesaikan pengobatan atas gangguan prostat yang dialaminya.

 

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), Silmy Karim memastikan, Syahrul Yasin Limpo telah berada di Indonesia. Ia menyebutkan, Syahrul telah melintas di pemeriksaan imigrasi pukul 18.41 WIB. 

 

Keberadaan Menteri Syahrul menarik perhatian, berkaitan dengan status hukumnya kasus dalam korupsi di Kementerian Pertanian. Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan SYL sudah sejak beberapa waktu lalu berstatus tersangka. Tetapi, sejauh ini belum keterangan resmi dar KPK.

 

Yang jelas dalam pengusutan perkara korupsi di Kementan, penyidik KPK telah melakukan penggeledahan di rumah dinas Mentan SYL, dan kantor Kementan pada 28-29 September 2023. KPK menyita uang senilai Rp30 miliar, dan sebanyak 12 senjata api laras pendek. KPK terus mendalami penemuan itu.

 

Hari ini, Rabu (4/10/2023), KPK juga menggeledah dua rumah kediaman pribadi Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Sulawesi Selatan. Dari situ penyidik komisi antirasuah membawa sebuah mobil, dan sebuah koper. ***