EmitenNews.com - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar mengunjungi Education Park (Edupark) Semen Gresik di Desa Kajar, Rembang pada Jumat (17/9/2021).  Edupark, anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mbangun Deso, Desa Kajar, Kabupaten Rembang.


Edupark Semen Gresik dilengkapi berbagai fasilitas. Di antaranya, lahan pertanian hortikultura, budidaya sayur mayur menggunakan sistem hidroponik dan pupuk organik, penggemukan sapi, peternakan domba. Lainnya, ayam petelur, burung puyuh, budidaya ikan lele dan jamur tiram serta pembuatan pupuk organik dan biogas dari kotoran hewan.


Menteri Abdul Halim Iskandar mengapresiasi inisiatif Semen Gresik dalam mengembangkan pertanian dan peternakan terintegrasi (integrated farming) yang dapat memperkuat ketahanan pangan hewani. Politikus PKB ini mendorong konsep integrated farming Edupark Semen Gresik untuk dikembangkan dengan skala lebih besar melalui BUMDes bersama. (Eko Hilman). ***