EmitenNews.com - Kegiatan Workshop Pengembangan Kabupaten/ Kota (KaTa) Kreatif Indonesia kali ini menyambangi Kota Jakarta Selatan. Kegiatan yang dilaksanakan di Salihara Art Center ini mendatangkan banyak pelaku kreatif. Dalam keterangannya, Jumat (13/5/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi kolaborasi para pelaku ekonomi kreatif, khususnya subsektor senirupa. Cute Monster salah satunya yang dipromosikan oleh Sandiaga Uno, karya Anindita penyandang difabel, menjadi salah satu unggulan.


Dalam acara tersebut, Mas Menteri (sapaan karib Menteri Sandi) membeli tiga produk Anindita, yaitu jaket untuk istrinya Mpok Nur, tas serta buku catatan untuk anak bungsunya Sulaiman. Kemenparekraf juga akan membantu pelaku ekraf yang hadir di workshop KaTa Kreatif Indonesia dari sisi promosi produknya melalui program Bedil (Baparekraf Digital Inovation Lab). Hal tersebut bisa meningkatkan produk mereka. Yang belum punya tempat promosi, produknya bisa dipromosikan di ruang pemerintahan di Jakarta Selatan.


Dalam Workshop Kata Kreatif, pihaknya mendorong subsektor seni rupa Kota Jakarta Selatan agar dapat terus mendukung upaya membangkitkan ekonomi kreatif, dan penyediaan lapangan kerja seluas luasnya. Hal ini disampaikan dalam kegiatan Workshop Pengembangan Kabupaten/ Kota (KaTa) Kreatif Indonesia di Kota Jakarta Selatan yang merupakan lokasi ketujuh dari rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia tahun 2022.


Kota Jakarta Selatan memiliki ragam komunitas seni dengan seni rupa yang khas. Di antaranya, seperti Komunitas Salihara, Komunitas Seni Bulungan, Gudang Sarinah, Forum Lenteng, Ruang Rupa dan banyak beragam komunitas seni lainnya. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekonomi kreatif. Dengan bekal kreativitas dan inovasi, pelaku ekraf dapat memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas.


Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Kota Jakarta Selatan dilaksanakan pada Kamis (12/5/2022), di Salihara Arts Center Kota Jakarta Selatan. Pesertanya, pelaku Ekonomi Kreatif di Jakarta Selatan sebanyak 35 peserta. Melalui penyelenggaraan workshop ini, diharapkan dapat mengakselerasi pengembangan ekonomi kreatif di Kota Jakarta Selatan. Kemenparekraf/Baparekraf juga terus mendorong penguatan ekosistem ekonomi kreatif secara lebih komprehensif di Kota Jakarta Selatan. (Eko Hilman) ***