EmitenNews.com - Rencana pernikahannya dengan Idayati, adik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi polemik, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman akhirnya buka suara. Pria asal Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu, menganggap semua itu takdir Allah SWT, sehingga tidak perlu dimasalahkan. Termasuk soal ada suara yang mendesaknya mundur dari MK. Idayati mengaku dikenalkan seseorang pada calon suaminya, Oktober lalu. Karena ‘klik’, dilanjutkan menikah Mei 2022.


"Itu kan begini, ini kan semua kembali kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Anwar Usman di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Sabtu (26/3/2022).


Terkait dengan banyaknya desakan untuk mundur dari jabatan Ketua MK dan hakim konstitusi usai menikahi Idayati, Anwar Usman tidak mau berspekulasi. "Wah sudah ya, nanti tunggu tanggal mainnya."


Sementara itu, Menko Polhukam Mahfud Md menyebut pernikahan tersebut tidak ada yang harus dipermasalahkan. Menurut mantan Ketua MK ini, tidak ada konflik kepentingan dalam pernikahan tersebut.


"Bukan konflik kepentingan. Orang menikah itu ndak ada konflik kepentingan dengan jabatan. Itu manusiawi. Dibenarkan oleh agama. Dibenarkan oleh hukum," kata Mahfud. di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Sabtu (26/3).


Mahfud mengungkapkan, konflik kepentingan memang bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Namun, ia memastikan, tidak ada konflik kepentingan dalam pernikahan ketua MK dengan adik Jokowi. "Soal konflik kepentingan itu kadangkala orang tak menikah juga punya. Dipersoalkan enggak yang gitu-gitu?"


Rencananya pernikahan Anwar Usman dengan Idayati, didahului prosesi lamaran Sabtu (12/3/2022), di Solo. Jokowi yang saat itu ada di Solo menghadiri pernikahan keponakannya, mewakili pihak keluarga, menerima pinangan Anwar Usman untuk adik keduanya, Idayati yang kini berusia 56 tahun.


Kepada wartawan yang menghubunginya melalui pesan WhatsApp, Senin (21/3/2022), Idayati, anak ketiga pasangan mendiang Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi mengakui adanya kabar bahagia tersebut. “Iya, sudah, suwun (terima kasih) ya. Salam sehat selalu.”


Idayati yang pada Mei mendatang tepat berusia 56 tahun, mengungkapkan, ada sosok yang menjadi perantara perkenalannya dengan Anwar Usman. Namun ia enggan membeberkannya. “Bulan Oktober dikenalin teman. Ada klik.”


Idayati tidak menampik berbahagia atas pernikahan keduanya itu. “Senang saja mas.”


Rencananya, akad nikah dan resepsi pernikahan Anwar Usman, dan Idayati, di Kota Solo pada 26 Mei 2022i. Selanjutnya, akan dilanjutkan dengan syukuran dalam acara resepsi di Bima, tempat kelahiran Anwar.


Perkawinan ini merupakan yang kedua untuk masing-masing pihak. Sebelumnya, Idayati pernah memiliki suami bernama Hari Mulyono. Namun, meninggal di Jakarta, pada Senin, 24 September 2018, dalam usia 58 tahun. Ibu dua anak ini, kini bermukim di Jalan Plered Raya, Kelurahan Banyuanyar, Banjarsari, Solo, hanya sekitar 1 kilometer arah barat kediaman pribadi Jokowi.


Sementara itu, Anwar Usman menduda sejak istrinya Suhada Ahmad Sidik, meninggal dunia pada 26 Februari 2021, karena serangan jantung. ***