EmitenNews.com -PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) sepakat membagikan dividen tunai untuk tahun buku 2022 sebesar Rp18,96 miliar. Nilai dividen tersebut diambilkan sebesar 20 persen dari realisasi laba bersih perusahaan pada tahun lalu, yang tercatat sebesar Rp94,83 miliar.

 

Keputusan pembagian dividen disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perusahaan, yang digelar di Jakarta, Senin (8/5/2023).

 

"Sedangkan sisanya (dari laba bersih 2022) sebesar 80 persen ditetapkan sebagai cadangan lainnya," ujar Direktur Utama SMBR, Daconi Khotob, usai RUPST.

 

Pembagian dividen dilakukan, menurut Daconi, tak lepas dari moncernya kinerja SMBR di sepanjang tahun lalu. Dari segi laba bersih, misalnya, terjadi pertumbuhan hingga 103 persen dari realisasi laba tahun sebelumnya, yang masih sebesar Rp46,7 miliar.

 

Lonjakan laba ditopang oleh pertumbuhan volume penjualan sebesar empat persen menjadi 2,01 juta ton.

 

Meski porsi pertumbuhan tersebut relatif tipis, namun hal itu perlu disyukuri mengingat permintaan semen secara nasional, terutama di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yang merupakan pasar utama perusahaan, tengah mengalami koreksi.

 

Tak hanya itu, SMBR juga berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp1,88 triliun di sepanjang tahun lalu, tumbuh sekitar tujuh persen dibanding realisasi pendapatan 2021.

 

"Catatan kinerja positif ini tidak terlepas dari kesuksesan inisiatif strategis perusahaan pada tahun lalu, yang berfokus pada tiga inisiatif yaitu Cost Leadership Through SMBRGO45 Program, Strengthen Market Positioning dan Competency Improvement of Employee," tutur Daconi.

 

Ketiga hal tersebut, dijelaskan Daconi, merupakan program unggulan dalam rangka mengefisiensikan biaya di berbagai bidang dan pelaksanaan praktek terbaik dalam operasi sehingga mampu mencapai kinerja positif.