EmitenNews.com - Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) kembali melakukan Jelajah Virtual UMKM, Jumat (10/12/2021). Kali ini, Jelajah Virtual dilakukan di UMKM Peternakan CV Mulia Inti Sukses dan UMKM Kuliner PawonQu binaan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Pama Banua Etam di Sangatta, Kalimantan Timur. LPB Pama Banua Etam merupakan LPB yang didirikan PT Pamapersada Nusantara bersama Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA). Sepanjang tahun 2021, YDBA juga telah menyelenggarakan Jelajah Virtual UMKM di wilayah Tabalong, dan Tapin, Kalimantan Selatan. Lalu, Paser, dan Bontang Kalimantan Timur. Kemudian, Waru, Sidoarjo, Jawa Timur, Klaten, Solo, dan Tarikolot Bogor, dan Yogyakarta.


Hadir dalam Jelajah Virtual di Sangatta ini, yaitu Sekretaris Pengurus YDBA Ida R. M. Sigalingging, Pemilik CV Mulia Inti Sukses Widodo, Ketua Komunitas Peternak Mandiri Sangatta Wahyu Winarko dan Pemilik PawonQu Nur Endang Mujiati. Widodo maupun Endang berbagi kisah mengenai perjalanan bisnis masing-masing, termasuk kiat mereka dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga kini.


Salah satu hal menarik yang diceritakan Widodo dalam acara ini, yaitu bagaimana pria asal Blitar tersebut melakukan manajemen pakan yang difermentasikan menggunakan limbah pertanian. Sedangkan Endang, anggota Komunitas Olahan Kuliner Sangatta (OKUSA) berbagi cerita mengenai pentingnya mengedepankan kualitas dalam setiap produk, sehingga menumbuhkan kepercayaan customer dari berbagai latar belakang.


Sekretaris Pengurus YDBA dalam sambutan di Jelajah Virtual ini berharap, bahwa cerita atau kisah UMKM binaan LPB Pama Banua Etam ini dapat menginspirasi. Terlebih banyak insight yang bisa diambil, seperti semangat Widodo dalam berkomunitas di bisnis peternakannya dan Nur Endang Mujiati yang selalu mengedepankan kualitas dalam produknya. (Eko Hilman). ***