EmitenNews.com - KB Valbury Sekuritas (KBVS) mengumumkan keberhasilan penyelesaian jasa advisory penting dalam akuisisi PT Adhi Kartiko Pratama Tbk (NICE) oleh LX International Corp (LXI). Akuisisi strategis yang difasilitasi melalui anak perusahaan LXI, PT Energy Battery Indonesia ini, secara handal dinavigasi bersama KBVS melalui pasar negosiasi di BEI. Transaksi yang dilaksanakan pada 16 Januari 2024 ini menandai tonggak penting dalam ekspansi strategis LXI di pasar Indonesia.


LXI, sebuah perusahaan Korea Selatan yang terdaftar di Bursa Efek Korea, beroperasi secara global di bidang energi, material industri, dan solusi bisnis. Perusahaan ini bergerak dalam bidang pengembangan, investasi, dan pengoperasian tambang batubara dan bisnis perdagangan batubara di Indonesia, Tiongkok, Australia, dan wilayah lainnya.


LXI juga memiliki kepentingan dalam perkebunan kelapa sawit di Indonesia, agro, bisnis perdagangan makanan, dan banyak lagi. Di sisi lain, NICE merupakan perusahaan pertambangan nikel Indonesia yang beroperasi di Lemeruru, Konawe Utara, dan Sulawesi Tenggara. NICE melakukan IPO pada 9 Januari 2024 dengan total 1.216.404.000 lembar saham hasil divestasi pemegang saham pendiri dan IPO mengalami kelebihan permintaan sebanyak 15,72 kali.


KBVS memainkan peran sentral sebagai perwakilan LXI, dan juga menjabat sebagai salah satu penjamin pelaksana emisi efek untuk IPO NICE. Layanan multifaset ini mencerminkan kehebatan investment banking KBVS, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan klien dan memastikan keberhasilan transaksi bagi pembeli dan penjual.


Kemampuan ini diperkuat dengan pembentukan tim kuat yang memiliki keahlian dasar di berbagai pasar, yang memungkinkan KBVS menyediakan layanan investment banking yang komprehensif. Layanan ini mencakup penerbitan obligasi lokal, penawaran umum perdana, penerbitan saham baru (rights issue), dan serangkaian penawaran lintas negara seperti kimchi bonds, offshore equity investments, offshore loans, mezzanine financing, structured financing, dan produk keuangan lainnya.


Selama setahun terakhir, tim investment banking KBVS telah aktif berpartisipasi dalam transaksi-transaksi penting, termasuk penerbitan kimchi bond untuk perusahaan APP, penjamin pelaksana emisi efek untuk right issue PT Bank KB Bukopin Tbk, obligasi korporasi PT Voksel Electric Tbk, IPO PT Sumber Sinergi Makmur Tbk dan lainnya.


KBVS, anggota KB Financial Group (KBFG), grup keuangan terbesar berdasarkan aset (BankTrack) di Korea Selatan, memasuki pasar Indonesia pada tahun 2018 melalui investasi di PT Bank Bukopin Tbk (sekarang dikenal sebagai PT Bank KB Bukopin Tbk).


Komitmen KB untuk memperluas bisnisnya di Indonesia juga mencakup investasi di perusahaan non-bank lainnya, termasuk PT KB Insurance Indonesia, PT KB Finansia Multi Finance, PT Sunindo Kookmin Best Finance, dan PT KB Data Systems Indonesia. KBFG melalui KB Securities Co., Ltd. memasuki KBVS dengan mengakuisisi broker perdagangan saham yang sebelumnya aktif bernama PT Valbury Sekuritas Indonesia pada tahun 2020.(*)